Sunday, March 24, 2013

Kursus Bahasa Jepang Murah dan Berkualitas di Pare - Kediri

Ada dua tempat kursus bahasa Jepang di Pare, Kediri, yang cukup terkenal, dan saya pernah kursus di dua tempat tersebut. Dan yang terpenting, dua-duanya merupakan kursus bahasa Jepang yang murah dan berkualitas. Harga Pare, Kualitas Tokyo, hehehe...

Berikut saya rangkumkan dua kursus bahasa Jepang di Pare, dan di akhir artikel saya sarikan perbandingan keduanya, kelebihan dan kekurangannya, berdasarkan pengalaman saya.

WTC

Alamat : WTC, Jl. Anyelir  no. 2, Singgahan, Ds. Pelem, Kec. Pare, Kab. Kediri, Jawa Timur
WTC menyediakan kursus bagi siswa yang ingin mempelajari bahasa Jepang dari dasar dengan biaya ringan. Kursus bahasa Jepang di lembaga kami cukup intensif karena masuk setiap hari Senin sampai Jum'at dan ada kaiwa-kai (study club) serta kami menyediakan kost di lingkungan kampung bahasa Pare bagi siswa yang datang dari luar kota.  Dengan belajar bersama di asrama/kost dan berlatih setiap hari berkomunikasi dalam bahasa Jepang baik percakapan maupun menulis, siswa lebih siap bekerja di Jepang, di perusahaan Jepang di Indonesia, bekerja di dunia pariwisata  atau untuk kepentingan persiapan memperoleh beasiswa study di Jepang.

Photo session, WTC Periode Juli 2011

Program:
  • Kaiwa dasar I
  • Kaiwa dasar II
  • Kursus privat perseorangan/group/ PJTKI untuk persiapan magang di  Jepang IMM/program depnaker, G to G, kerja di bidang keperawatan atau rumah sakit.
  • Kursus privat persiapan test beasiswa  di Jepang.
MATERI :
  • Tango 単語/ Perbendaharaan Kata
  •   Bunpo ぶんぽ / Tata Bahasa
  •  Kaiwa  会話 / Percakapan
  • Hiragana  ひらがな/ Huruf Asli Jepang
  • Katakana カタカナ / Huruf untuk menulis kata–kata asing
  • Huruf Kanji 漢字

Lama Program             : 2 bulan
Senin s/d Jum’at @ 1,5 Jam
Jadwal Kursus
Jam                          :  07.00–08.30
                                   10.30–12.00
                                   16.00–17.30
Biaya                        :  150.000,-/bulan


Sakura Indonessia

Alamat: Jl. Anyelir Tulungrejo-Pare-Kediri 64212 (0354) 398932
Tentang Sakura Indonesia:
Gendai Niho Go - Bahasa Jepang Modern. Satu-satunya lembaga bahasa jepang di pare yang membuka program terlengkap. Semua program mengikuti perkembangan terkini, sehingga mampu memenuhi tuntutan dunia kerja

Program
  1. SHOKYU I (Basic Grammar)
Program ini diperuntukan bagi sisa yang belum pernah belajar bahasa jepang sama sekali. Dalam program ini materi diberikan mulai dari NOL hingga siswa mampu menyusun kalimat dengan benar.
MATERI:
Perkenalan Hiragana, Katakana, kata Bilangan, kata penunjuk, harga, hari, Tanggal, Bulan, kata Sifat, kata kerja, dll. + Listening.

  1. SHOKYU II (Intermedaite)
Program lanjutan bagi sisiwa yang pernah mendapatkan materi dasar. Dalam program ini penggunaan bahasa jepang hingga 80 % sehinga siswa dapat lebih aktiv berbicara.

Menyatakan kegemaran, perbandingan, kepunyaan, keinginan, kesanggupan, pengalaman dll. + listening. Semua materi disampaikan dengan huruf KANA.

  1. HANASHIKATA (Speaking)
Program yang diracang untuk mencetak siwa mahir berbahasa Jepang. Penyampaian materi 100% menggunakan BAHASA JEPANG. Semua MATERI adalah APLIKASI dari program I dan II.

  1. YOMIKAKIKATA
Dalam program ini, siswa diajak untuk berlatih MENULIS sebuah PARAGRAF dengan baik dan benar. Disini KEMAHIRAN siswa dalam menulis huruf KANA tidak diragukan lagi.

  1. KANJI
Disini siswa diajari untuk menulis dan MERANGKAI serta MEMPELAJARI asal-usul KANJI.

Biaya
NO
PROGRAM
DURASI
SPP/BLN
PENDAFTARAN
1
2
3
4
5
SHOKYU I (Basic Grammar)
SHOKYU II (Intermediate)
HANASHIKATA (Speaking)
YOMIKAKIKATA (Writing)
KANJI
2 Bln
1,5 Bln
1 Bln
1 Bln
1 Bln
Rp. 20.000,-
Rp. 60.000,-
Rp. 40.000,-
Rp. 35.000,-
Rp. 35.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 10.000,-
GRATIS*)
GRATIS*)
GRATIS*)

KETERANGAN:
  • Khusus Alumnus SAKURA INDDONESIA*) 
  • Untuk program 2 s/d 5 kelas minimal 6 orang. 
  • SYARAT PENDAFTARAN 
    • Mengisi formulir pendaftaran -
    • Membayar uang pendaftaran + SPP 1 (waktu pendaftaran) 
    • Menyerahkan pas photo 3 x 4 (2 lembar) · 
  • LAIN-LAIN 
    • Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 setiap bulan 
    • Start belajar tanggal 10 tiap bulan - Masuk hari Senin-Jum’at @ 1,5 jam. 
    •  UANG PENDAFTARAN SUDAH TERMASUK: - Buku panduan, Sticker, Ujian, Sertifikat.

Conclusion
Baik WTC dan Sakura menurut saya sama bagusnya. Sakura lebih memberikan materi yang akademik oriented, didahului dengan teori dan kemudian praktek. Alur materi-nya terstruktur dan tertata rapi. Sedangkan WTC menawarkan materi yang lebih fleksibel dan to the point, lebih mengarah ke percakapan langsung disertai teori yang diperlukan. Saran saya sih mengambil program bahasa Jepang di keduanya.

Selain kursus bahasa Jepang murah dan berkualitas di Pare, Kediri, ada juga lho kursus bahasa Inggris murah dan berkualitas di Surabaya. Atau, jika anda ingin belajar bahasa Jepang secara otodidak, anda bisa mengikuti posting saya "Ayo Belajar Bahasa Jepang" disini.

Cara mempelajari bahasa (the how-to) juga merupakan salah satu faktor penting dalam menguasai bahasa asing, salah satu filosofi dan konsep dasar belajar asing yang bisa diterapkan adalah seperti yang dicontohkan dalam novel Laskar Pelangi: belajar dari struktur terkecil bahasa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...