Sunday, August 31, 2014

7 Tahun Ngeblog: Why We Should Keep Writing

Tujuh tahun yang lalu, saat mahasiswa, saat menunggu sebuah pesawat yang akan mengantar saya balik ke Surabaya, seorang teman mengajari saya tentang apa, bagaimana dan cara membuat blog itu. Berawal dari iseng-iseng selama kurang lebih 10 menit di free internet service bandara Sultan Badaruddin II itulah blog ini dimulai. Ya, saya memang suka menulis, I write for fun (not for fund), dan hobby menulis ini sudah saya mulai sejak saya kecil (SD) dari corat-coret di buku tulis, beralih ke tulisan yang agak serius di tingkat SMA dan lebih serius lagi di tingkat mahasiswa.

Statistik blog ini per 31 Agustus 2014

Sebenarnya tidak ada mimpi muluk tentang hobi menulis saya ini. Tidak juga saya bermimpi kelak suatu saat tulisan-tulisan saya ini dibukukan. Jika itu menjadi kenyataan, saya menganggapnya itu hanya side effect dari hobi menulis write for fun ini. Yang saya lakukan, saya hanya ingin mengabadikan momen-momen yang terjadi dalam hidup saya dalam sebuah memoar (dulu saya tidak punya kamera), dan menjadikan hal tersebut pengalaman berharga, baik bagi saya dan orang lain. Sebagai contoh, ketika saya harus berpacu dengan sang waktu agar bisa kembali ke Kameyama, kisah perjalanan saya menaklukkan puncak tertinggi di Jawa, termasuk beberapa publikasi ilmiah saya saat mahasiswa,  problem solving ketika menghadapi permasalahan dengan komputer/sistem komputasi dan masih banyak lagi. Dengan menuliskan pengalaman tersebut, ketika saya menjumpai permasalahan serupa, saya tinggal buka blog saya sendiri, dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Kadang saya menuliskan catatan perjalanan, baik itu catatan perjalanan pendakian gunung, perjalanan ke pantai, kota-kota, dan tempat-tempat lainnya. Melakukan perjalanan adalah salah satu hobi saya yang lain, dan mengabadikan cerita perjalanan tersebut ke dalam sebuah blog adalah hobi saya yang lain juga. Dengan cerita tersebut, saya bisa mengenang dan mengambil hikmah dari perjalanan yang telah saya lakukan. Orang lain yang belum pernah ke sana atau akan ke sana pun saya harapkan bisa memetik manfaat dari membaca cerita saya tersebut. Kadang pula saya menulis untuk lomba blog, artikel anti korupsi saya meraih Juara Favorit 1 dalam Kontes Blog Muslim.

Lebih jauh lagi, saya menulis apa saja yang bisa ditulis. Sebuah informasi tentang kursusan bahasa Inggris telah menjadi trend di blog saya ini sejak dua tahun yang lalu, lalu informasi tentang seminar, international conference, notulen kajian yang saya ikuti dan masih banyak lagi. Menulis adalah tentang quantity dan quality. Dan, quantity produces quality.

Ya, semakin sering kita menulis semakin banyak pengunjung blog yang data (meski itu bukan tujuan saya menulis). Statistik blog ini pada gambar di atas menunjukkan pada saat saya menulis banyak (misal bulan Oktober 2013), pengunjung blog ini juga bertambah banyak. Bulan Oktober tersebut merupakan puncak pengunjung blog ini dengan jumlah posting sebanyak 21 artikel dalam satu bulan. Pengunjung blog ini bulan tersebut mencapai 4454 pengunjung dalam sebulan, atau bila dirata-rata sebanyak 148 pengunjung (pageviews) per hari. Idealnya, sebuah website dikatakan sehat apabila dikunjungi 150 unique visitor perhari. Unique visitor adalah mereka yang datang karena memang mencari informasi yang mereka butuhkan (biasanya lewat mesin pencari) bukan karena iklan, reklame, atau promosi lewat link.

Menulis tidak hanya tentang kuantitas saja. Pada bulan Mei 2014 ini saya hanya menulis 9 artikel saja di blog ini, namun pageviewsnya bisa menembus 3664 pageviews. Ini artinya kualitas tulisan saya pada bulan itu lebih berbobot dari bulan-bulan sebelumnya, jumlah pageviews ini sama juga dengan bulan Januari dimana saat itu saya menulis 14 artikel.

Kembali pada kuantitas, ketika jumlah tulisan saya menurun, jumlah pengunjung blog ini pun juga menurun. Bulan Agustus ini dimana baru menulis satu artikel saja, jumlah pengunjung perhari hanya berkisar 50-150 pengunjung. Sekali lagi, kuantitas menghasilkan kualitas. Semakin banyak tulisan, semakin banyak pengunjung. Demikian halnya dengan kualitas.

Statistik harian blog bulan agustus 2014

The more quality, the more visitor. Keep writing: The more we practice, the more we get!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...