Friday, April 27, 2018

Menulis Kanji pada Latex

Ada dua cara/metode utama yang menurut saya simple untuk menulis kanji dengan latex, pertama tetap menggunakan engine pdflatex, kedua dengan menggunakan engine platex, dengan tool ptex2pdf. Cara kedua ini sebetulnya gabungan antara platex/ptex dan dvipdfmx. Keduanya engine tersebut (pdflatex dan platex) merupakan engine latex modern. Latex adalah kumpulan makro dan banyak engine yang digunakan selain engine asli "Tex" yang dibuat oleh Donald Knuth tahun 1978. Tex kemudian dikembangkan menjadi \LaTeX oleh Leslie Lamport pada tahun 1983. By default, latex menggunakan engine etex (Ubuntu/Debian versi sekarang masih menggunakan etex rilis 1994). Pdflatex juga menggunakan engine etex dengan output pdf. Kedua metode yg saya jelaskan di bawah menggunakan dua pendekatan yang berbeda untuk menulis kanji yakni pdflatex(tex) dan platex (eptex). Pada pdflatex (selanjutnya disebut latex), kita perlu menginput package CJK yang bisa digunakan untuk menulis kanji, sedang pada platex/ptex, kita tidak perlu menginput package tambahan, karena sejatinya ptex/platex dibuat agar bisa men-support kanji by-default.

Hasil penulisan kanji dengan pdflatex (atas) dan platex (bawah). Platex menunjukkan tampilan kanji yang lebih halus daripada hasil generasi pdflatex.

Saya asumsikan anda sudah familiar dengan Latex. Jika belum, silahkan ikuti tutorial ini dan ini. Berikut cara menulis kanji di Latex.

1. Dengan pdflatex
Dengan menggunakan (engine) pdflatex, kita hanya perlu menambahkan package inputenc dan CJKutf8. Berikut detailnya,
\documentclass[a4paper]{article}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage{hyperref}
\usepackage[english]{babel}
\usepackage{authblk}
\usepackage{CJKutf8}
Kemudian pada bagian dokumen, panggil paket CJK sebagai berikut:

\begin{document}
\begin{CJK*}{UTF8}{min}

Isi dokumen, misalnya seperti ini: \\
これはひらがなです.\\
これは漢字です。

\end{CJK*}
\end{document}

Jalankan engine pdflate pada dokumen tersebut: pdflate namafile.tex. Kemudian lihat hasilnya. Contoh dokumen lengkap bisa merefer ke link ini.

2. Dengan ptex2pdf 
Cara kedua adalah dengan menggunakan engine platex. platex (disebut juga eptex) adalah salah satu engine dalam latex, engine lainnya adalah tex, etex(latex), luatex, xelatex, ptex dll. Platex/eptex merupakan pengembangan ptex, engine latex yang mendukung karakter Jepang (kanji, hiragana, katakana). Contohnya adalah dokumen berikut.
\documentclass[a4paper]{jarticle}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage[english]{babel}

\title{Menulis kanji dengan (p)\LaTeX}
\author{Bagus Tris Atmaja}
\date{\today}
\begin{document}

 \maketitle
 \section{日本語の文章}
  昔々,あるところに,...

  鬼ヶ島にハイキングに出かけましたとさ.
  めでたしめでた
\end{document}

Untuk merubah dokumen .tex diatas menjadi pdf, juga ada dua cara, pertama: .tex -> .dvi -> .pdf, cara kedua langsung
dari .tex ke .pdf dengan bantuan perangkat `ptex2pdf`. Berikut cara menjalankan cara pertama.
$ platex platex_template.tex
$ pdfdvimx platex_template.dvi
By default output utama latex adalah .dvi (lainnya: .log, .aux, dll), sehinnga ketika latex dijalankan akan menghasilkan file dvi. Sebelum ada pdf, standar outputnya adalah .ps. Setelah muncul pdf, maka standar dokumen elektronik menjadi format pdf dan Latex mengadopsinya. Jadi perintah pertama diatas merubah file .tex menjadi file .dvi dan perintah kedua (program "dvipdfm(x)) merubah dari file .dvi menjadi file .pdf. Kedua perintah ini bisa diringkas menjadi satu oleh ptex2pdf dengan opsi -l (latex format). Berikut contohnya.
$sudo apt install texlive-lang-japanese             #jika belum menginstall ptex2pdf di Ubuntu
$ptex2pdf -l platex_template.tex

File .tex lengkap skrip di atas ada di sini.

Hasil dari kedua di atas seperti ditunjukkan oleh gambar awal tulisan ini. Terlihat hasil pdf dari platex lebih smooth, karena memang platex dikembangkan oleh orang Jepang sendiri. Namun, bisa jadi kalau kita menggunakan font yang sesuai, output kanji/hiragana dari pdflatex juga halus. Silahkan dicoba, dipelajari dan dikembangkat.

頑張ってくれ。

Referensi:
1. https://www.preining.info/talks/tug2012.pdf
2.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...