Thursday, December 28, 2023

Blog baru di Listed

 Akhirnya, ada platform offline dan online dalam satu portal. Dan platform itu ternyata sudah ada sejak lama. Namanya Standard Notes. Bisa diinstal via snap dengan perintah berikut di Ubuntu.

sudo snap install standard-notes
  

Saya suka menulis blog, baik itu di blogger, wordpress, medium, atau tumblr. Masalahnya, sejauh pengetahuan saya saat itu, belum ada platform digital yang bisa berlaku baik untuk offline dan online. Misalnya, saat saya punya ide, saya menuliskannya di editor, word processor, atau note taking app. Kemudian saat saya ingin mempublikasikannya, saya salin tulisan offline tadi ke platform blog yang bersangkutan, misalnya Blogger. Sampai saya menemukan platform/aplikasi Standard Notes yang menyatu dengan listed.to.

Blog baru saya di Listed beralamat di https://listed.to/@bagus.

Dengan platfom ini saya bisa menulis blog on-the-go secara luring, kemudian mempublikasikannya dari perangkat tersebut tanpa harus menyalin dan menempelnya ke internet. Cukup sekali-dua kali klik. Bagi anda yang belum tahu caranya, berikut cara publikasi blog lewat Standard Notes and Listed (www.listed.to).

1. Buka Stantard Notes app atau web app
2. Klik ikon Preferences in sisi kanan bawah
3. Buka seksi Listed
4. Pilih Create New Author

Untuk publikasi dari Standard Notes ke Listed (lihat gambar di bawah).
1. Klik kanan judul note yang akan dipublish
2. Pilih "Listed action" kemudian pilih "Publih to Blog"

Voilla, sekarang catatan datam Standard Notes tersebut telah terpublish dalam Listed.to.

Karena kemudahan itu, besar kemungkinan saya akan mengeblog di Listed. Blog di blogspot ini mungkin akan dormant, wallahua'lam. Saya belum tahu pastinya, mungkin topik-topik professional akan saya taruh disini, catatan harian di Listed, dan quotes di Tumblr.

Dengan demikian, Standard Noted menjadi otak ketiga saya setelah simplenote.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...