Saturday, April 20, 2013

Menginstall FBmessenger di Ubuntu

Salah satu fitur facebook (FB) yang paling bermanfaat (menurut saya) adalah "pesan" atau "inbox message", bukan update status. Mengapa? Karena dalam fb kita langsung kirim pesan "ke orangnya" bukan ke "alamat orangnya". Beda dengan email, kita kirim email atau sms dimana kita kirim pesan ke alamat email atau nomer hape yang bersangkutan.

Tampilan awal FBMessenger

Alhamdulillah, baru saja ada developer yang berbaik hati membuat aplikasi FBmessanger untuk Linux. Meski bukan resmi dari fb seperti halnya aplikasi messenger yang ada di Windows OS ataupun Android, tapi aplikasi ini cukup berguna, paling tidak, kita tidak perlu membuka browser untuk melihat inbox di fb. Sebelumnya saya pernah membahas tentang fb dengan command line disini, tapi ternyata cara tersebut cukup ribet, terlebih bagi yang tidak biasa dengan mode command line.

Berikut langkah-langah menginstall FBmessenger di Linux Ubuntu:

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt-get update
sudo apt-get install fbmessenger
Yup, selesai, cuma begitu saja caranya. Setelah itu silakan ketik "fbmessenger" di unity dash, dan muncullah tampilan FBmessenger seperti berikut. Silakan mencoba.Oya, fitur yang cukup bagus juga bahwa di aplikasi ini, kita bisa meng-turn-on-kan dan meng-turn-off-kan chat setting layaknya tampilan di web browser.


FBmessenger setelah login
UPDATE: Sejak 3 Maret 2014, Aplikasi FB Messenger ini sudah tidak dapat berjalan, baik di Windows maupun Ubuntu/Linux.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...