Saturday, May 25, 2013

Robbi Anzilnii Munzalan Mubaarokan

Hari ini saya menelfon Ibunda tercinta, galau dan meminta pertimbangan beliau untuk sebuah keputusan: melanjutkan kuliah atau melanjutkan kerja (lagi). Rencana tinggal di tempat yang sekarang kurang lebih tinggal dua minggu lagi, selanjutnya hijrah ke tempat baru, di dekat ibukota yang juga kota dengan biaya hidup termahal di dunia saat ini. Permasalahannya adalah: akan tetap di tempat kerja baru itu atau kembali ke rencana semula: melanjutkan kuliah.

Ibunda memberikan solusi dengan memperbanyak membaca Quran surat Al-Mukminun ayat 29,
رَبِّ أَنْزِلْنِي مُنْزَلاً مُبَارَكاً وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِينَ
Artinya:
Ya Tuhan, mudahkanlah aku untuk tinggal di tempat yang Engkau berkahi dan baik. Berikanlah aku rasa aman di tempat itu, karena hanya Engkaulah satu-satunya yang menempatkan seseorang di tempat yang baik, aman dan damai
Dalam tafsir Jalalain disebutkan, kalau dibaca Munzalan berarti menjadi Mashdar dan Isim Makan/tempat sekaligus, apabila dibaca Manzilan berarti tempat berlabuh (yang diberkati) yakni tempat tersebut diberkati (dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat'") maksudnya Engkau adalah pemberi tempat yang paling baik kepada semua yang telah disebutkan tadi.

Doa di atas adalah doa Nabi Nuh ketika turun dari bahtera. Dan cukuplah Al-Quran menjadi petunjuk bagi kita semua, Amiin.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...