Friday, April 10, 2015

Mengetik Secara Ergonomis

Mengetik secara ergonomis bisa menjadikan kondisi nyaman dalam bekerja, serta mencegah kecelakaan kerja bagi orang yang bekerja dengan komputer. Sayangnya, hanya sedikit orang yang peduli dengan faktor ergonomis ini ketika berada di lingkungan kerja. Tak hanya itu, mengetik secara ergonomis juga membuat kita bisa mengetik secara cepat dan buta (tanpa melihat keyboards). Apple Computer, telah memberikan beberapa panduan dan tips untuk mengetik secara ergonomis yang secara khusus diterapkan untuk produk mereka (macbook) namun juga secara luas dapat dipakai pada semua komputer. Berikut ringkasannya.


Letak jari yang benar (vs yang salah) ketika mengetik

Posisi Duduk
Ada beberapa posisi duduk yang perlu diperhatikan agar kita bisa mengetik secara ergonomis. Posisi dan letak bagian tubuh seperti tangan, tinggi kursi, sandaran sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kita saat mengetik maupun bekerja. Perhatikan beberapa gambar berikut untuk lebih jelasnya.
Posisi lengan
Tinggi kursi
Posidi dan letak sandaran

Sudut duduk dan kaki

Bantalan tempat duduk

Posisi monitor: jarak kurang lebih 50 cm dari mata dengan sudu 10-20 derajat (bagian atas mondongak ke belakang)

Secara lengkap, Bussiness Insider menampilkan posisi duduk ergonomis secara keseluruhan seperti berikut ini.




Bagaimana dengan posisi duduk kita, sudah ergonomiskah? sudah tepatkah? Perbaiki jika belum, jika sudah, silahkan belajar mengetik cepat dengan 10 jari untuk meningkatkan produktivitas anda.

Referensi:
1. https://www.businessinsider.com/this-is-the-perfect-way-to-sit-at-your-desk-2015-2
2. http://www.computingcomfort.org/educate.asp
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...