Friday, January 18, 2019

Merobohkan penghalang dalam "menulis"

Sebetulnya saya ingin membaca sebuah buku "How to Write a lot: A practical guide to productive academic writing", tapi setelah saya cari cari-cari di perpus tidak ketemu (padahal saya cek di web ada: "borrowable" dan "in place"). Saya baca versi ebooknya, tidak puas. Dari googling, saya menemukan seseorang sudah meresumenya. Berikut adalah terjemahan bebas saya atas resume tersebut.
  1. Penghalang #1: "Saya tidak punya waktu untuk menulis"
  2. Solusi: Alokasikan waktu menulis, sediakan dan jadwalkan waktu tersebut.
  3. Penghalang #2: "Saya butuh membaca lebih banyak, menganalisa tulisan orang lain, dll untuk menulis"
  4. Solusi: Lakukan sekarang juga dan tulislah hasil bacaanmu dan analisamu, langsung setelah itu.
  5. Penghalang #3: "(Kayaknya) Saya butuh laptop baru ..."
  6. Solusi: Tidak, kamu tidak butuh laptop baru. Tulisan ini ditulis dengan laptop produksi 6 tahun yang lalu.
  7. Penghalang #4: "Saya tidak punya inspirasi untuk menulis"
  8. Solusi: Kamu tidak perlu menunggu inspirasi datang, cukup duduk, tulis. Gerakkan tanganmu di atas tuts keyboard, tulis.
  9. Penghalang #5: "Saya tidak punya motivasi (untuk menulis)"
  10. Solusi:


    A post shared by Bagus Tris Atmaja (@bagustris) on
That's all! Penghalang ke #5 di atas bukan dari buku, tapi dari saya sendiri. Selamat menulis!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...