Thursday, May 22, 2008

Konsep Membangun Negara: Q.S Al-Maidah 12

Dan sesungguhnya Allah telah membuat perjanjian dengan Bani Israil dan mengangkat 12 orang mereka (anak Nabi Ya’kub) menjadi orang-orang yang terpilih: ada yang bagian menurunkan panglima-panglima, ada yang bagian menurunkan Nabi-nabi dll. Selanjutnya Allah akan membela manusia jika:

1. Mendirikan Sholat
Sholat merupakan tiang agama, semakin kuat pancangannya maka semakin tegak agama itu berdiri. Jikalau semua orang islam di negeri ini sholat di masjid; sebanyak apapun mushola, semua, berapapun jumlah masjid tidak akan mencukupi. Sayang yang sholat di masjid hanya beberapa orang padahal semakin banyak dan megah masjid di bangun. Selama ini saya sendiri menilai seseorang dari sholatnya. Senakal apapun orang itu, selama dia masih menjaga sholat jamaahnya maka saya masih menganggapnya baik, apalagi kalau dia bisa sholat subuh berjamaah.

2. Membayar Zakat
 
Pada zaman khalifah Umar bin Abdul Aziz (memerintah hanya 32 bulan), negara hanya hidup dari zakat, infak dan shodaqoh. Tidak ada hasil tambang maupun pertanian. Namun negara bisa membayari hutang-hutang semua orang miskin dan bahkan menyuruh pemuda-pemuda untuk menikah, negara yang membiayai pernikahannya. Dengan begitu tidak ada lagi kemiskinan dan perzinaan. Semuanya hanya berasal dari zakat.

3. Percaya kepada Rasulullah
Beriman kepada Rasul itu wajib, tanpa sedikitpun keraguan. Apapun kata rasul kita harus sami’na wa atho’na. Tidak seperti beberapa ulama di negeri ini yang jika diberi tahu suatu hadist langsung menimpali; apakah hadist itu shohih? Ini sangat tidak sopan, apakah kita mau su’uszon pada Rasul? Pantas saja musibah menimpa negeri ini kalau akhlaq ulama’nya kepada rasul seperti itu.


4. Membantu Rasulullah
Selanjutnya, kita wajib membantu rasul terutama dalam mensyiarkan agama islam, Beramar ma’ruf nahi munkar. Dengan membantu Rasul berarti kita telah meneladaninya dan balasannya akan jauh lebih besar.


5. Shodaqoh
Menghutangi termasuk shodaqoh, apalagi yang kita hutangi adalah Allah. Kalau manusia saja dipinjami uang akan membalasnya, bagaimana dengan Allah? Pasti balasannya jauh lebih besar.


Lima hal tersebut merupakan konsep membangun negara yang disebutkan dalam Quran. Tidak harus menggembor-gemborkan negara islam. Jika semua itu bisa dilakukan mulai diri sendiri maka niscaya kita akan mendapatkan surgaNya, tidak hanya surga akhirat tapi juga surga duniawi ini. Namun jika kita kufur, sungguh kita akan tersesat dan jauh dari jalan lurus yang diridhoiNya.


(source: dari pangajian tadi pagi, Tafsir Al-Maidah:12)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...