Monday, February 11, 2013

Ayo Belajar Bahasa Jepang [6]:Ginko Ni Itte Kara, Kaisha Ni Kimasu

Pada pelajaran ke-6 ini, Kuon akan memberitahu atasannya tentang jadwal kegiatannya besok. Karena ada sesuatu hal yang akan dia kerjakan, dia akan terlambat datang ke kantor, dan Kuon memberitahukan alasan akan keterlambatan-nya itu.
Kuon bebicara (Jp:話-hanashi) dengan atasannya

Ungkapan yang digunakan Kuon adalah 'Ginko ni itte kare, kaisha ni kimasu' (銀子に行ってかれ会社に着ます). Berikut teks percakapan lengkapnya.
-----------------------------
クオン (Kuon):
明日の朝、市役所と銀行に行ってから、会社に来ます。
ASHITA NO ASA, SHIYAKUSHO TO GINKÔ NI ITTE KARA,  KAISHA NI KIMASU.
Besok pagi saya akan datang ke kantor setelah dari kantor walikota dan bank.
部長 (Buchou):
そうですか。午前中に市役所と銀行ですね。
Ô DESU KA. GOZENCHÛ NI SHIYAKUSHO TO GINKÔ DESU NE. Oh begitu. Jadi pagi harinya Anda akan pergi ke kantor walikota dan ke bank, ya?
クオン (Kuon):
はい。銀行で口座を開きます
HAI. GINKÔ DE KÔZA O HIRAKIMASU.
Ya, saya akan membuka rekening di bank.
-----------------------------

Kiat Hidup di Jepang

Banyaknya orang asing yang tinggal di Jepang serta adanya perbedaan budaya dan kebiasaan mengakibatkan adanya masalah dengan orang Jepang dengan orang asing. Pemerintah Jepang melalui pemerintah daerah berusaha mengatasi masalah-masalah ini dengan menyediakan informasi dalam bahasa asing baik di kantor atau dalam situs web mereka. Bahasa yang disediakan adalah bahasa Inggris, Korea,
Portugis, Cina dan Tagalog.

Di halaman situs pemerintah daerah terdapat informasi tentang layanan umum dan fasilitas medis yang menggunakan bahasa asing. Tata cara dan jadwal pembuangan sampah, juga diterangkan dalam bahasa tersebut, misalnya hari untuk membuang sampah rumah tangga, botol air minum, kertas dan lainnya. Pemilahan sampah berbeda-beda tergantung pada daerahnya. Selain itu ada juga informasi tentang kelas bahasa Jepang yang diberikan oleh volunteer dan berbagai kegiatan daerah yang akan dilakukan.

Kosakata (単語/たんご)

- 朝(あさ): pagi
- 市役所(しやくしょ): balai kota
- 銀行(ぎんこ): bank
- 来ます(きます) : datang
- 午前中 (ごぜんちゅ): (dalam/selama) pagi hari
- 口座 (こざ) : rekening
- 開きます (ひらきます): membuka

Bersambung ke pelajaran selanjutnya: Ayo belajar bahasa Jepang[7].

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...