Friday, September 06, 2013

Indonesian Lebaran Party 2013

Bertepatan dengan awal liburan musim panas, bertempat di Yokkaichi Bunka Kaikan, KMI Mie mengadakan acara halal bihalal bertajuk Indonesian Lebaran Party 2013, seminggu setelah buka bersama KMI Mie di budoukan Suzuka pada sabtu malam 3 Agustus 2013. Saya sendiri menamainya Summer Vacation Part 0: Indonesian Lebaran Party, yang bersambung dengan acara saya besoknya ke Osaka, Kyoto dan Amanohashidate (Summer Vacation Part 1), dilanjut ke Tokyo (Summer Vacation Part 2) dan ditutup dengan acara Hanabi di Seki-juku, Kameyama (Summer Vacation Part 3).

Acara Makan-makan pada Halal bihalal Indonesian Lebaran Party 2013

Membuka kajian dalam halal bihalal Indonesian lebaran party kali ini, Ust. Chandara memaparkan tentang fadilah puasa Ramadhan. Barang siapa berpuasa dengan keimanan dan keikhlasannya, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya terdahulu. Inilah yang dimaksud dengan kemenangan yang fitri. Orang-orang yang lulus Ramadhan akan kembali fitri, seperti bayi yang baru lahir. Tidak ada iri dengki terhadap saudaranya, apalagi hasud dan benci. Sebaliknya, mereka saling menyayangi dan mengasihi satu sama lain.

Bertepatan dengan bulan Agustus, dan seminggu menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke -68, materi kajian bulanan Mie-ken KMIM Indonesian Lebaran party kali ini membahas tentang kemerdekaan dalam Islam. Kemerdekaan dalam Al-Quran disinggung dalam surat Al-Quraisy, khususnya pada ayat ke-4:


لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ * إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ * فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ * الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآَمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
Artinya:

  1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, 
  2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.
  3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).
  4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
Merdeka berdasarkan kamu besar bahasa Indonesia (KBBI) berarti bebas, lepas dan tidak terikat. Pada ayat di atas, definisi merdeka diberikan pada ayat empat surat Al-Quraisy tersebut. Merdeka ialah mereka yang terbebas dari kelaparan, dan aman dari rasa takut? Sudahkan kita merasa seperti itu. Mungkin dianatara kita banyak yang sudah terbebas dari kelaparan dan ketakutan, namun masih banyak diantara penduduk Indonesia yang kelaparan dan belum merasa aman.

Allah akan memberkahi suatu kaum karena kualitas suatu kaum tersebut. Jikalau suatu penduduk negeri bertaqwa maka Allah akan turunkan keberkahan pada penduduk tersebut, tapi mereka mendustai Allah SWT. Dari kaum yang baik, akan muncul pemimpin yang baik.

Banyak ulama yang mengatakan surganya dunia itu ada di Indonesia! Jika Islam bisa dihadirkan dengan menyeluruh di Indonesia, insyaAllah indonesia bisa bangkit. Ada tiga kekuatan penting yang untuk menuju Indonesia merdeka dalam arti sebenarnya, yakni:
  1. Kekuatan akidah/keyakinan
  2. Kekuatan ukhuwah/persatuan
  3. Kekuatan senjata/militer
InsyaAllah, bila ketiganya bisa dihadirkan, Indonesia bisa menjadi Negara yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur. Dan yang seharusnya mengisi kemerdekaan adalah mereka yang hatinya dipenuhi kebaikan-kebaikan. Dengan kebaikan-kebaikan tersebut, kemerdekaan hakiki akan dapat diraih. Pemimpin yang baik pun akan muncul berawal dari pribadi masing-masing. Dari ketiga kekuatan di atas, kekuatan akidah dan ukhuwah sangat diperlukan untuk membangun umat islam Indonesia di waktu ini, sedangkan kekuatan militer belum mutlak diperlukan untuk saat ini.

Foto Bersama Peserta Indonesian Lebaran Party 2013 di akhir acara
Itulah Lebaran 2013 di Jepang tahun ini, sangat berbeda dengan Lebaran di Jepang tahun 2012 lalu, di mana kami bisa sholat Idul Fitri di tepi pantai (bertepatan dengan libur musim panas). Malam setelah acara Indonesian lebaran party tersebut, saya menyempatkan bermain futsal dengan teman-teman kensushei di Suzuka, dan besoknya saya langsung berangkat ke Osaka.

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...