Saturday, April 05, 2014

Noise Removal dengan Audacity

Meski agak kecewa dengan spec mbp dibandingkan dengan G580, tapi saya cukup puas dengan kualitas mic dari Apple ini. Saat mencoba merekam suara dengan Audacity di Ubuntu Trusty, noise (derau) yang ikut terekam sangat kecil sekali. Padahal sepanjang sejarah perekaman dengan komputer sejak awal kuliah dulu (skripsi dan thesis saya tentang perekaman dan pengolahan suara), noise yang dihasilkan cukup besar. Dengan bantuan noise removal yang ada pada Audacity, kualitas perekaman suara mbp hampir tidak menghasilkan noise sama sekali!

Waveform sinyal sebelum dan setelah difilter

Posting singkat ini membahas perbandingan kualitas perekaman suara dengan built-in mic mbp (microphone was made by Apple) baik secara obyektif dengan analisa suara maupun secara subyektif dengan mendengarkan suara secara langsung. Tools yang saya gunakan adalah sebagai berikut:
  1. Audacity, untuk perekaman dan noise removal
  2. Praat, untuk plotting waveform dan analisa suara (f0)
  3. Soundcloud, untuk upload hasil perekaman
Proses perekaman dengan Audacity saya lakukan dengan timer record (Shift T) selama lima detik. Pertama saya rekam suara saya (melafalkan "bismillah") setelah itu saya rekam background noise, juga selama 5 detik. Background noise saya gunakan sebagai profile noise. Langkah-langkah noise removal dengan Audacity ini bisa dilihat di channel youtube saya di link ini (atau di bagian akhir posting ini), saat itu perekaman saya lakukan dengan mic bawaan Lenovo G580 (bandingkan kualitas perekaman pada video tersebut dengan suara dari soundcloud di bawah).

Kemudian, dengan bantuan Praat, saya plotting waveform (gambar diatas). Dengan Audacity sebenarnya sudah terlihat perbedaan gelombangnya (noise terreduksi), namun akan lebih cantik bila visualisasi disini ditampilkan dengan praat. Oya, by default output gambar dari praat berupa file .eps. Saya mengkonversi .eps menjadi .png dengan imagemagick. Dengan praat pula saya lakukan analisa frekuensi dasar sebelum dan setelah noise removal, hasilnya tidak ada perbedaan berarti frekuensi dasar, yakni sebelumnya 159.64 Hz setelah dilakukan noise removal menjadi 159.72 Hz (interpolasi semua titik).

Komparasi secara subyektif dapat dilakukan dengan mendengarkan langsung file suara antara sebelum dan sesudah noise removal. Silakan dengar suara dari soundcloud berikut untuk mengetahui perbedaannya (bismillah0 - initial record, bismillah1 - after noise removal).


Screencast noise removal dengan Audacity

Screenshot Audacity

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...