Friday, December 14, 2018

Bermain (virtual) Piano di Ubuntu

Di zaman serba canggih ini, kita tidak harus memiliki piano untuk bisa bermain piano. Cukup dengan menggunakan laptop dan keyboard laptop-pun bisa dijadikan tuts piano. Begini caranya.

Instalasi
Saya menggunakan Ubuntu 16.04 untuk instalasi aplikasi piano ini. Anda bisa juga menggunakan OS lainnya. Aplikasi yang akan kita gunakan/install adalah vmpk (virtual midi piano keyboard). Untuk menginstallnya cukup mudah,

sudo apt install vmpk

Perintah tersebut juga akan menginstall qsynth, yang akan menginterface (menghubungkan) vmpk dengn sound output Ubuntu  (vmpk tidak menghasilkan suara, sehingga perlu interface untuk menghasilkan suara).



Setelah terinstall,  set qsynth sebagai berikut. Pilih setup > Audio > pulseaudio. pada menu bar "Soundfront", pilih open, arahkan pada /usr/share/sounds/sf2/FluidR3_GM.sf2. Langkah-langkah tersebut terangkum pada gambar di bawah ini:



Kemudian buka vmpk (tekan Super, ketik vmpk), pilih Edit > connection. Saat membuka menu tersebut, qsynth harus tetap terbuka dan dibuka lebih dulu daripada vmpk. Di menu connection > Output midi, arahkan pada: "FLUID Synth (2018):0". Selesai, anda bisa mencoba mengklik tuts piano atau dengan keyboard komputer. Agar lebih leluasa memainkan piano dengan keyboard PC/laptop, pada preference, centak "Raw computer keyboard" dan pilih keyboard map "pc102win.xml". Selesai, anda bisa bermain dengan menekan keyboard bagian bawah (Z, X, C , ...) dan bagian atas (Q, W, E, ...). Keyboard bagian tengah digunakan untuk nada kres (tuts hitam di piano). Langkah-langkah untuk vmpk tersebut terangkum di gambar di bawah ini.




Ada masalah? misalnya tidak ada suara yang keluar saat menekan tuts? Itu tantangan bagi anda untuk menyelesaikannya. Di Ubuntu 16.04, langkah-langkah diatas berjalan dengan baik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...