Tuesday, June 10, 2014

KMIM Juni 2014: Mengagungkan Sya'ban, Menyongsong Ramadhan

Menyambut bulan Sya'ban, menyongsong bulan Ramadhan. Sayang di kedua bulan agung ini, masyarakat indonesia disibukkan oleh hal-hal duniawi, misalnya pemilu presiden. Berbeda dengan para sahabat, mereka mulai meninggalkan kehidupuan duniawi saat memasuki bulan sya'ban dan full ibada pada bulan Ramadhan. Rasulullah sendiri bersabda, ada bulan diantara bulan Rajab dan Ramadhan yang dilupakan umat manusia, padahal beliau ingin pada bulan itu (sya'ban) amal-amal beliau diangkat pada saat beliau berpuasa.

Foto bersama setelah Kajian Bulanan KMI Mie, Juni 2014

Islam salah satu artinya adalah tangga (sulam). Jadi muslim seharusnya mengalami kenaikan tingkat, dari kemarin ke hari ini, ke besok. Dari bulan lalu ke bulan ini, dan bulan depan. Jangan sampai Ramadhan yang segera datang berlalu begitu saja. Para sahabat menangis ketika Ramadhan hampir berakhir, kita malah tertawa (Alhamdulillah jika tertawanya karena senang menjelang idul fitri).



Puasa adalah benteng. Maka jika ada pemuda yang belum menikah, puasa adalah solusinya. Setiap manusia mempunyai nafsu, dan puasa dapat mengendalikan hawa nafsu. Hanya ada dua alasan jika ada pemuda tidak menikah: impotensi atau banyak maksiat, begitu kata Imam Ahmad.

Puasa adalah solusinya, tidak pernah baginda Rasulullah SAW berpuasa sebanyak puasa di bulan Ramadhan kecuali di bulan sya'ban ini. Ketika ditanya, "Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana Anda berpuasa di bulan Sya'ban. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

"Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa." (HR. An Nasa'i, Ahmad)

Semoga kita dimudahkan untuk berpuasa di bulan Sya'ban ini, agar ketika amal-amal kita diangkat kita, kita dalam keadaan berpuasa sebagaimana Rasulullah SAW. Berpuasa mengagungkan Sya'ban, menyongsong Ramadhan, InsyaAllah.


Epilog

Kajian Bulanan KMI Mie di Kameyama Koen ini mungkin adalah acara KMIM terakhir yang saya ikuti, sekaligus mengakhiri amanah yang diberikan kepada saya sebagai sekretaris KMIM. Begitu banyak pelajaran yang saya dapatkan di Keluarga Muslim ini, tak hanya ilmu tapi juga tambahan saudara/keluarga baru, dan seni dalam berkomunitas (the art of community). Jika anda tinggal di Mie Ken, atau dekat dengan Mie - ken, bergabunglah dengan Keluarga Muslim ini, insyaallah banyak ilmu yang bisa didapat serta tambahan keluarga/saudara baru.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...