Thursday, February 12, 2015

Getting Started dengan NI WSN Starter Kit : Masalah dan Solusinya

NI WSN adalah platform dari National Instrument untuk komunikasi nirkabel dari sensor dengan kontroller. Disini kita akan menggukanan NI WSN 9791, NI 3202, NI 3212 beserta sensor potensiometer dan thermocouple.

Langkah simpelnya, dan menghasilkan error, adalah menghubungkan WSN ke laptop lewat etherner port (LAN) >> buka NI MAX >> klik tools >> Serial >> dan lihat IP dari WSN kita. Setelah itu klik remote systems >> add device dan masukkan IPnya yang didapat tadi. Setelah WSN running, buka find example dari helpnya labview, kemudian jalankan salah satu project, misalnya Thresholding.lvproj (3202) atau thermoucouple.lvproj (3212), maka setelah di-run kita akan mendapati masalah berikut.

Error Message saat pertama kali menjalankan salah satu example project di NI WSN

Adanya error tersebut adalah karena (1) IP dari NI WSN tidak satu subnet mask dengan IP komputer kita, (2) Ada setting (IP) yang kurang pada project di NI WSN (thank to NI engineer to solve this problem). Screenshot berikut adalah IP address dari komputer saya dan IP address dari NI WSN yang tidak dalam satu subnet mask.

IP address dari komputer saya
IP address WSN sebelum dirubah

Jadi solusinya adalah menyamakan IP address dari WSN dan komputer agar dalam subnet yang sama, disini saya merubah IP address dari NI WSN (lewat network setting), kemudian sesuaikan NI WSN di bawah remote system dengan IP WSN yang baru (klik kanan). Refresh dan NI WSN akan terdeteksi kembali.


WSN dan Komputer dalam subnet yang sama

Setelah NI WSN sudah terhubung kembali dengan subnet yang sama, kita coba kembali untuk menjalankan salah satu example yang ada pada help >> find examples, batasi pencarian pada NI WSN 9791 dan ambil salah satu contoh, misalnya disini saya mengambil contoh Thermocouple input.lvproj.

Setelah terbuka, samakan IP address pada gateway dengan IP address NI WSN kita, misalnya IP address NI WSN saya adalah 10.124.20.23. Klik kanan pada NI WSN-9791 >> add node >> New Device >> 9791 >> 3212, samakan node-nya (lihat di NI MAX).

Ikon run pada blokdiagarm (maupun frontpanel) masih terlihat putus, artinya ada broken wiring. Ini terjadi karena kita belum men-set node yang digunakan pada salah satu blok tersebut. Buka bloknya, dan cari wiring yang terputus, tempatkan di sudut kanan bawah blok yang terputus tersebut, klik, select variable >> NI WSN 9791 >> Wireless Sensor Network >> Node 1 > TC0. Karena saya memasukkan wiring termocouple pada TC0 di 3212, maka saya pilih node 1 >> TC0.

Menambahkan node pada blokdiagram Thermocouple Input.vi
Horah!! Sekarang front panel sudah bisa menampilkan suhu yang ter-sensing oleh thermocouple secara live. Selamat mencoba!!

Tribute for: +Akoestische Teknik Fisika - ITS

Fron Panel Thermocouple input yang sudah live

Tampilan NI MAX

Problem saat menginstall NI WSN 1.5

Error yang terjadi

Mengganti IP adress dari WSN

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...