Wednesday, March 09, 2011

Pemrograman Java di Ubuntu Linux: Hello Word!

Meski bukan orang informatika atau teknik komputer, tak ada salahnya kita belajar pemrograman. Kali ini saya akan mendemontrasikan bagaimana pertama kalinya saya memulai pemrograman Java di Ubuntu Linux. 

Ada dua cara untuk memprogram (coding) Java di Ubuntu Linux dan Sistem Operasi Linnya, yakni secara text-based atau disebut juga command line serta lewat grafis (graphical-based) melalui IDE. Pada pemrograman Java di Ubuntu Linux kali ini saya akan memakai mode text-based atau lewat terminal / konsole yang menjadi kekuatan dari Sistem Operasi berbasis Linux seperti Ubuntu Linux. Jika memprogam Java dengan grafis, anda bisa mencoba menginstall Eclipse atau Netbeans atau yang lain. Dua yang saya sebutkan tadi merupakan IDE (integrated Development Environment) untuk pemrograman Java yang bisa diinstall baik di Windows OS maupun Linux.  

Baiklah, saya akan memulai dengan dasar pemrograman yakni menampilkan "Hello word" dengan pemrograman Java di Ubuntu mode text atau terminal.

Langkah 1: Tulis Code Java di text editor Ubuntu Linux, bisa Gedit, nano, VIM atau yang lainnya, kemudan simpan text tersebut dalam ekstensi .java (contoh hello.java). Untuk latihan, tulis saja text yang terlihat di gambar berikut ini (klik untuk memperbesar).

Fig 1. Menulis program Java code di Gedit Ubuntu Linux
Selanjutnya...
Langkah 2: Buka terminal (Ctrl+T), kemudian pindah ke direktori dimana file java yang anda tulis tadi disimpan. Run kode yang terlihat pada gambar di bawa ini (klik untuk memperbesar).

Fig 2. Mengcompile program Java "Hello Word!" di Terminal Xterm Ubuntu Linux
Mudah bukan? selanjutnya anda dapat melanjutkan pemrograman Java untuk me-run dan mengkompile file yang berekstensi .jar..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...