Monday, June 23, 2014

Inuyama Castle, Kastil Tertua di Jepang

Negeri Jepang kaya akan kastil-kastilnya. Kastil - kastil tersebut dulunya merupakan tempat tinggal para shogun, samurai, tuan tanah serta para pembesar lainnya. Biasanya dalam satu kota (shi, 市) terdapat satu kastil. Semakin besar kastil tersebut, biasanya menunjukkan semakin besar pula (wilayah) kekuasaan seseorang yang dulu menempati kastil tersebut.

Inuyama castle, merupakan salah satu kastil yang masih tetap berdiri dengan bangunan aslinya (banyak kastil yang sudah tidak asli karena mengalami renovasi), terletak di perbatasan propinsi Aichi dan Gifu, di pinggir sungai Kiso. Kastil ini diklaim sebagai yang tertua di Jepang diantara 4 kastil lainnya: Himeji, Hikone dan Matsumoto castle.

Inuyama Castle, setelah melewati gerbang tiket

Akses
Dari stasiun Nagoya, perjalanan ke Inuyama Castle dapat ditemupuh dengan kereta Meitetsu tujuan Inuyama, dengan harga tiket 550 yen. Dari stasiun inuyama, ikuti saja papan petunjuk yang ada, setelah keluar stasiun hanya satu kali belok kanan (warna aspalnya kuning) dan anda akan menemukan jalan menuju Inuyama castle. Tidak sulit untuk menemukan kastil ini, sekalipun bagi orang awam yang baru pertama kali ke Jepang.

Sejarah
Inuyama castle dibangun dilokasi tersebut pada tahun 1957 oleh Oda Yojirou Nobuyosu, paman dari Obu Nobunaga, salah satu samurai hebat di Jepang yang berusaha menyatukan Jepang pada era perang saudara.  Pada tahun setelah konstruksi kastil tersebut, penguasaan terhadap kastil berubah-ubah. Konfigurasi kastil secara lengkap diselesaikan pada masa sekitar perang Kakamigahara, pada tahun 1600.

Pada tahun 1984, saat perang Komaki Nagakute, Toyotami Hidetoshi dan 120.000 pasukannya datang dari Osaka merangsek masuk ke dalam kastil yang menandai perang melawan Tokugawa Ieyasu yang pasukannya tersebar di gunung Komaki.

Penguasaan terhadap kastil ini diberikan pada Naruse Masanari pada tahun 1618 pada periode Edo dan tetep dipegang oleh keturuna klan Naruse sampai era Meiji. Pada tahun 1871 (Meiji 4), penghapusan sistem klan dan pembentukan sistem prefektur (ken), menghasilkan pengalihan penguasaan kastil kepada pemerintah. Secara umum, bangunan disekitar kastil utama mengalami kerusakan dan menyisakan bangunan utama yang masih berdiri hingga kini. Bangunan kayu yang disangga pondasi batu tersebut bertahan kokoh dan menjadikan kastil tertua yang di Jepang yang masih berdiri.

Rekonstruksi baru yang dilakukan pemerintah dilakukan pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1965. Sejak tahun 1935, kastil ini dijadikan aset nasional pemerintah Jepang (National treasure) melalui kementrian pendidikan Jepang.

Panorama view dari puncak Inuyama Castle


Gallery
Bagi saya pribadi, kastil Inuyama merupakan kastil mungil dan unik yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Berdiri di pinggir sungai Kiso, di puncak bukit, dari bangunan teratas kastil ini kita bisa melihat kesederhanaan kota Inuyama yang cantik nan molek.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...