Saturday, July 11, 2015

A one day trip in Trieste, Italia

Trieste adalah kota kecil di perbatasan Italia dan Slovenia, tepatnya di utara timur (timur laut) Italia. Kisah kedatangan saya di kota ini bisa dibaca di sini. Suatu ketika di hari minggu, saya tidak mempunyai agenda, saya putuskan untuk keluar naik bis, tidak tahu kemana, biarlah langkah kaki yang memutuskan.

Di Trieste, tiket bus anda tidak diperiksa. Lebih longgar daripada di Jepang. Jadi, bisa saja anda naik bus tanpa membeli tiket, tergantung kejujuran masing-masing. Saya naik bus nomor 6 dari Adriatico Guest House (AGH), dan berhenti dimana orang-orang juga berhenti, bus stop (halte) setelah stasiun Trieste Centrale.

Turun dari bus, saya juga berjalan mengikuti arah kebanyakan orang berjalan, dan saya menemukan tempat-tempat berikut yang sebelumnya sudah terbayang secara visual dari internet.

Canal Grande di Trieste
Merasa berada di Venice, itulah yang saya rasakan ketika menjumpai kanal ini. Namun saya ingat, ini Trieste, bukan Venice. Inilah Canal Grande di Trieste! Tidak banyak landscap memang, namun perpaduan kanal dan bangunan di ujung kanal tersebut mengingatkan kita pada zaman Romawi kuno. Tempat romantis ini sangat cocok untuk minum kopi di sore hari, sambil bercengkerama memandang laut Adriatic

Canal Grandi di Trieste


Piazza UnitĂ  d'Italia
Tidak jauh dari Canal grande saya berjalan, saya menemukan Piazza Unita d'Italia, landmark utama kota Trieste. Ini adalah ikon utama kota Trieste berupa semacam alun-alun kota di Indonesia. Bangunannya berupa bangunan utama di tengah, serta bangunan di kiri dan kanan yang simetris. Piazza Unita d'Italia ini juga terletak di pinggir laut atau menghadap Adriatic sea.

Piazza Unita d'Italia

Kemudian saya berjalan menuju tempat di mana saya turun dari bus. Namun ternyata saya kesasar dan menemukan toko souvenir Charleston, satu diantara sedikit toko souvenir di Trieste. Toko tersebut beralamatkan di Via Giosuè Carducci, 1634125 Trieste.

Miramare Castle
Perjalanan ke Miramare sebenarnya saya lakukan di lain hari karena letaknya sangat dekat dengan penginapan saya, namun bisa juga dilakukan sorenya setelah ke Canal grande dan Piazza Unita d'Italia. Kastil ini terletak di sebelah kiri AGH, atau jika dari stasiun Trieste Centrale, naik bus nomor 6 di seberang jalan dan turun di pemberhentian terakhir.

Miramare Castle

Miramare castle adalah kastil yang dibangun tahun 1856-1860 oleh penguasa austria (bisa jadi saat itu Trieste bagian dari Austria) yang dilanjutkan oleh kaisar Ferdinand Maximilian I dan istrinya berdasarkan desain cari Carl Junker. Mungkin karena itulah jalan di dekatnya dinamakan Via Junker. Kastil ini sangat eksotik, terletak di pinggir pantai persis dengan dinding menjorok ke pantai. Di bagian atas, bentuknya mirip benteng pada film kerajaan-kerajaan kuno di Eropa. Jika ada seorang putri kabur atau diculik dari kamarnya, kastil ini sangat merepresentasikan cerita tersebut, pun dengan peperangan antar kerajaan pada masa lampau. Waktu yang tepat mengunjungi kastil ini adalah saat sunset, karena matahari persis berada di belakangnya. Jam buka kastil ini dari jam 08.00 - 19.00 (tergantung musim).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...