Saturday, August 27, 2016

Membaca file partisi EXT di MacOS

Setelah dua-tiga kali mencoba, akhirnya tahun lalu saya berhasil membaca (dan menulis) partisi EXT (ext4) di Mac OSX 10.8.5 Mountain Lion. Ext adalah partisi default dan standar pada sistem operasi berbasis Linux dan saat ini ext4 adalah default file partisi Ubuntu. Langkah-langkah membaca file partisi ext pada MacOS adalah sbb:
  1. Install OSXFuse
  2. Install Fuse-ext
  3. Enable read-write via script/terminal
OSXFuse dan fuse-ext pada preference MacOS

Install OSXFuse

Untuk menginstall OSXFuse, langkah-langkanya adalah sebagai berikut:
  1. Download OSXFuse di link ini: https://osxfuse.github.io/, saya memakai versi 2.8.3, anda bisa mencoba versi yang lebih tinggi (mungkin) untuk veris MacOS yang lebih tinggi. Untuk lebih mudahnya, download file .dmg daripada file source-nya.
  2. Install OSXFuse dengan men-double click file .dmg-nya. Centang semua opsi pada saat instalasi, terutama opsi MacFUSE Compatibility Layer, karena hal ini akan dibutuhkan saat membaca file partisi ext2 keatas.
  3. Setelah selesai instalasi, reboot MacOS anda, buka preference dan akan terlihat opsi "Fuse for OSX" pada bagian kiri bawah seperti screenshot diatas.

Instalasi Fuse-ext2

Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Download fuse-ext2 disini: https://sourceforge.net/projects/fuse-ext2/ download file .dmgnya disitu, anda bisa download file source di github untuk versi yang lebih baru.
  2. Klik file .dmgnya untuk menginstall fuse-ext2, klik continue/next sampai proses instalasi selesai.

Enable write

Copy paste kode berikut pada terminal Unix MacOS anda, dan reboot setelah selesai.
sudo sed -e 's/OPTIONS="auto_xattr,defer_permissions"/OPTIONS="auto_xattr,defer_permissions,rw+"/' -i .orig /System/Library/Filesystems/fuse-ext2.fs/fuse-ext2.util
Setelah semua proses di atas selesai, jika ada partisi ext2 (atau ext3 atau ext4) harusnya bisa terbaca di Finder MacOS, anda juga bisa membuka dan menyimpan file dalam partisi ext tersebut dan dibuka di OS lain, Linux, pada dual boot Macbook. By the way, semua langkah pada artikel ini tidak digaransi berhasil dan bisa menyebabkan macbook anda gagal bekerja. Saya mencobanya di Macbook Pro 13 inch mid 2012(Macbook9,2) dual boot MacOS 10.8.5 - Ubuntu 16.04 dan berhasil. Semua resiko ditanggung penumpang ...:)

Update 20 January  2017
Instalasi software F/LOSS (free/libre open source software) di macOS akan lebih mudah menggunakan macports atau brew. Untuk membaca partisi ext4 di OS X Sierra (10.12) says menggunakan Brew sbb.

Instalasi brew,
/usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

Instalasi OSX Fuse dan EXT4Fuse
brew tap homebrew/fuse
brew install Caskroom/cask/osxfuse
brew install ext4fuse
Selamat mencoba, Langkah tab jauh lebih mudah daripada langkah sebelumnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...