Friday, September 09, 2016

Membuat presentasi dengan Latex Beamer

Latex dapat digunakan untuk membuat file presentasi yang powerful. Jika anda belum menginstal latex, saya menyarankan untuk menggunakan latex dari plugin Gedit di Ubuntu yang tutorialnya bisa dibaca disini. Dengan Gedit dan Latex plugin plus embedded terminal, pekerjaan membuat file presentasi akan menjadi jauh lebih mudah. Kelebihannya, tata kelola layout pada halaman slide serta penulisan persamaan matematik didalamnya jauh menjadi cantik dan ciamik.

Tutorial beamer dengan beamer di slideshare

Membuat dokumen baru

Untuk membuat file presentasi dengan latex via Gedit, klik Tools >> Latex >> New Latex Documents. Maka, akan muncul jendela seperti dibawah. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengganti dari Template dari default menjadi slide, mengisi nama dan direktori tempat menyimpan file .tex dan Pilih Babel Package >> Bahasa Indonesia, kemudian klik OK. Setelah itu anda dapat membuka file .tex di direktori yang telah anda pilih tadi (File >> Open).



Mebuat frame dan List

Setelah membuka file .tex, anda akan mendapatkan template dasar beamer latex dari gedit sebagai berikut,
\documentclass{beamer}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage[bahasa]{babel}
\title{Bilangan Kompleks}
\author{@btatmaja}
\date{\today}
\begin{document}
 \frame{\titlepage}
 \frame{
  \frametitle{Table of Contents}
  \tableofcontents
 }

\end{document}
Untuk melihat hasil .pdfnya, gunakan embedded terminal dibawah editor (baca ini jika anda belum mengaktifkan embedded terminal pada Gedit), klik kanan >> "change directory" dan ketikkan perintah dibawah, maka anda akan memperoleh tampilan mirip pada gambar pertama diatas. Biasanya butuh dua kali kompilasi untuk mengupdate pdf dari file latex beamer.
pdflatex bab1.tex

Untuk menambahkan halaman slide yang berisi list, tambahkan baris berikut sebelum \end{document},
\section {1. Pengantar}
\begin{frame}[t, fragile]{Slide pertama}
Berikut adalah list berupa bullet:
\begin{itemize}
\item List1
\item List2
\item List3
\end{itemize}
\end{frame}

\section{2. Kesimpulan}
\begin{frame}[t, fragile]{Slide kedua}
Berikut adalah list berupa angka:
\begin{enumerate}
\item List1
\item List2
\item List3
\end{enumerate}
\end{frame}

Lebih jauh

Lebih jauh, Latex beamer bisa digunakan dengan skrip latex pada umumnya, misalnya untuk memasukkan gambar dengan skrip \includegraphics atau memasukkan symbol, persamaan, tabel dan lain sebagainya. Untuk memudahkan memasukkan symbol, anda bisa mengaktifkan view >> side pane >> symbol. Untuk mengoranisir penulisan, anda bisa memilih menu dibawahnya, outline, dan klik section yang anda ingin anda edit.
Gedit dengan sidepane symbol

File tutorial beamer di slideshare di atas sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan membuat presentasi dengan latex beamer. File tutorial .tex beserta file gambar dan tutorial latex sebelumnya bisa didownload di repo github tutorial-latex.

Beamer-Nomi

Beamer-Nomi adalah template Beamer yang saya modifikasi berdasarkan Beamer-Torino. Beamer-Torino sendiri merupakan template yang cukup sederhana dan cantik. Saya hanya modifikasi ukuran logo di halaman muka, serta beberapa modifikasi (mengatur nomor halaman dll), agar lebih luas area slide-nya sehingga bisa mencakup isi yang lebih banyak pula. Beamer-Nomi bisa didownload disini: https://github.com/bagustris/beamer-nomi.

Skill Presentasi

Untuk mengasah skill presentasi, silahkan merukuk ke halaman ini.

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...