Thursday, January 12, 2017

Membuat Buku/Laporan dengan LibreOffice

Meski kampus saya berlangganan secara resmi Office365 versi profesional, tidak ada salahnya saya tetap menggunakan Libreoffice. Alasannya sederhana: simple, powerful dan opensource. Akan lebih mudah dan powerful bagi saya untuk menggunakan Libreoffice daripada menggunakan Ms Office 2016. Bagaimana bisa? Berikut contoh penggunaan Libreoffice untuk pembuatan laporan/buku serta manajemen sitasi dengan Mendeley plugin.

Templating

Saat membuat buku/laporan/dokumen, biasanya membiarkan setting-nya adalah default. Kemudian saya buat judul dengan style title dan bab-babnya dengan section 1, 2, dst. Jadi dalam satu menit saya sudah punya template dokumen. Untuk memudahkan, saya selalu mengaktifkan sidebar (View >> Sidebar). Contohnya adalah sbb.

Sidebar Libreoffice dengan menu navigation untuk memudahkan mapping halaman
Beberapa perbedaan untuk daftar isi, daftar table, daftar gambar dan daftar Index, adalah pada menu Insert >> Table of Contents or Index >> Table of Content, Index or Bibliography >> Pilih menu yang akan ditampilkan seperti gambar di bawah.


Membuat daftar isi
Untuk membuat daftar isi caranya sangat mudah seperti di atas. Namun terlebih dahulu, anda harus mengatur HEADING 1, HEADING 2 dan HEADING 3 (biasanya saya hanya sampai heading 3 saja), sebagai Bab, Sub-Bab, dan Sub Sub-Bab. Jika anda belum mengetahui cara men-set heading, caranya sangat mudah: Letakkan kursor pada frase yang anda ingin jadikan sebagai heading; pada drop down style pilih heading yang anda inginkan (Lihat gambar dibawah). Setelah itu anda dapat membuat menu daftar isi secara otomatis, Insert >> Table of Contents or Index >> Table of Content, Index or Bibliography.




Memberi caption pada table
Untuk membuat caption pada table, posisi kursor harus di dalam table, kemudian pilih Insert >> Caption.

Membuat daftar tabel

Untuk membuat daftar tabel caranya adalah:
  1. Beri caption pada table yang akan anda indeks, caranya adalah seperti di atas,
    1. Klik sembarang di dalam table, pilih: insert >> caption (caption table biasanya berada di atas)
    2. Jika anda ingin mengganti category (misal: table dengan tabel) klik pada category dan ketikkan nama baru tsb
  2. Untuk membuat daftar tabel otomatis pilih insert >> insert index or table of contents >> index or table of contents >> pada type pilih: index of table, ganti title, misal: Daftar Gambar >> pada category pilih: Tabel
  3. Jadilah daftar tabel otomatis! 
Tampilah menu insert caption (baik pada table dan gambar sama)

Membuat daftar gambar

Untuk membuat daftar gambar adalah sebagai berikut:
  1. Beri caption pada gambar yang akan di-indeks (klik kanan pada gambar >> insert caption), untuk mengganti category langsung ketik pada form category.
  2. Jika nomor gambar ingin mengikuti bab (misal gambar 4.1) pada caption pilih: option >> level >> 1 (anda harus men-set: tool >> outline numbering >> Number: 1,2,3...)
  3. Untuk membuat daftar gambar secara otomatis, pilih insert >> insert index or table of contents >> index or table of contents >> pada type pilih: index of table, ganti title, misal: Daftar Gambar >> pada category pilih: gambar
  4. Jadilah daftar gambar otomatis! 
Daftar gambar dan tabel yang dibuat secara otomatis

Membuat daftar indeks

Untuk membuat daftar indeks (alphabetical index), misal: indeks nama author, caranya adalah sbb:
  1. Pilih insert >> Table of content and index >> index entry
  2. Block nama yang akan di-indeks
  3. Pindahkan kursor pada index entry form >> nama akan terpaste >> pilih insert, begitu seterusnya sampai semua nama terindeks
  4. Untuk membuat daftar indeks otomatis pilih : insert >> Table of content and inex >> index or table of contents >> pada type pilih: alphabetical index >> OK.
  5. Jadilah daftar indeks otomatis.
Daftar Indeks yang dibuat secara otomatis


Membuat landscape halaman tertentu
Untuk membuat landscape halaman tertentu, kita harus menggunakan style yang berbeda. Caranya, letakkan kursor pada halaman yang ingin buat lansdcape, pilih insert >> manual break >> pagebreak, pilih style >> landscape.


Memberi nomor halaman romawi pada bagian cover
Untuk memberi nomor halaman yang berbeda antara cover dengan isi, misal untuk cover, lembar pengesahan, daftar isi dll menggunakan angka romawi i, ii, iii sedangkan halaman isi mulai bab 1 dengan angka arab 1, 2, 3 dst maka dapat digunakan style yang berbeda.
Langkah-langkahnya adalah sbb:

  1. Letakkan kursor pada bagian footer di halaman cover, pilih insert >> page number. Akan muncul nomor halaman i, sesuaikan dengan style anda, misal jadikan ditengah/center.
  2. Pada sidebar pilih menu styles and formatting (nomor tiga dari atas), kemudian pada menu tsb, pilih bagian "page styles" (nomor empat dari kiri), pilih menu First page. Halaman 1 akan hilang dari cover.
  3. Letakkan kursor pada halaman terakhir sebelum Bab 1, klik insert >> Manual Break >> Pilih page break, Syle: Default Style, Centang "Change Page Number" dan isikan 1 dibawahnya. Akan muncul halaman baru sebelum Bab 1 yang bernomor halaman 1.
  4. Naikkan Bab 1 pada halaman kosong sebelumnya,

Split heading menjadi 2 baris atau lebih
Penulisan Bab biasanya terpisah dengan nama bab tsb, misal:
BAB I 
PENDAHULUAN
Nah, kita ingin menjadikan dua bab tersebut dalam satu kesatuan di daftar isi menjadi "BAB 1 PENDAHULUAN". Bagamaimana cara membuatnya? Sederhana, letakkan kursor diantara I dan Pendahuluan, kemudian pilih insert >> manual break >> line break. Jadilah! update daftar isi anda untuk melihat hasilnya


Integrasi dengan Mendeley

Mendeley sangat powerful untuk memasukkan sitasi. Kabar baiknya adalah, Mendeley menyediakan plugin untuk LibreOffice sehingga kita tinggal mengklik toolbar Mendeley di LibreOffice untuk memasukkan sitasi.

Step-by-step:
  1. Install mendelay (untuk Ubuntu download disini dan jalankan sudo dpkg -i *deb) 
  2. Intall Libreoffice plugin, caranya buka Mendeley >> Tools >> Install Libreoofice plugin
  3. Masukkan file pdf yang ingin anda sitasi pada Mendeley >> Add file atau Add folder
  4. Pada Libreoffice >> pilih insert citation (lihat gambar) pada mendeley toolbar yang muncul setelah mendeley libreoofice plugin terinstall (step 2)
  5. Ketikkan nama author pada "Mendely citation editor" yang muncul setelah mengklik "insert citation" >> OK
  6. Sitasi akan muncul secara otomatis pada Libreoofice, anda dapat mengubah stylenya pada choose citation style
  7. Untuk membuat daftar referensi otomatis pilih >> insert bibliography, pada Mendeley toolbar di Libreoofice.
  8. Simple bukan?
Mendeley toolbar pada Libreoofice

Hasil sitasi dan referensi yang dibuat secara otomatis dengan Mendeley plugin


Itulah sekilas tentang cara membuat buku dan laporan dengan Libreoffice. Selama ini, LibreOffice adalah default word processor saya. Jika anda masih merasa kesulitan dan mengeluh terkait kompatibilitasnya dengan Microsoft Word, saya menyarankan anda memakai WPS Office, perangkat lunak tersebut tidak open source tapi free. Bentuk antar mukanya, sangat mirip dengan Ms Office terbaru. Selamat mencoba!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...