Saturday, April 01, 2017

Memperbesar ukuran disk di VirtualBox

Ada dua jenis tipe disk ketika kita menginstall OS melalui virtualiasasi, yakni dinamik dan fix. Jika kita menggunakan tipe pertama, ukuran file dalam OS di VirtualBox bisa fleksibel. Kekurangannya, tipe ini akan menyebabkan kinerja OS menjadi lambat (ditambah 'lambat' karena berjalan di virtualiasasi). Sedangkat tipe kedua, tipe fix, ukuran disk ditentukan dari awal. Kekurangannya, ketika data bertambah dan ternyata ukuran disk tersebut tidak cukup, kita tidak bisa memperbesarnya (secara manual). Kelebihannya, tipe ini menghasilkan kinerja OS yang cepat meski berjalan lewat virtualisasi.

Gambar 1. Setting VirtualBox (Storage) dimana file ISO gparted live akan di-attach.

Disk tipe dinamik bukan berarti bisa 'shrink' atau membesar otomatis begitu saja, namun tetap diperlukan 'cara' untuk memperbesar ukuran disknya.

Jika anda memilih tipe pertama saat membuat OS virtual di Virtual Box, maka tipe disk anda akan berekstensi .vdi. Jika tipe yang dipilih adalah tipe fix kedua, ekstensinya adalah .vmdk. Keduanya bisa diperbesar (resize) ukuran disknya, berikut adalah caranya.

CAUTION: back-up file .vdi (copy-paste) sebelum memperbesar ukuran disk dengan cara dibawah ini agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat di-recovery lagi dengan mudah.

Memperbesar disk tipe dinamik (.vdi)
  1. Resize file .vdi dengan perintah berikut:
  2. VBoxManage modifyhd Vibrastic-disk3.vdi --resize 40960
    
    Sebagai contoh perintah diatas merubah disk (*.vdi) saya dari ukuran semulan menjadi 40 GB. Meski dilihat dari nautilus ukurannya masih ukuran yang lama, disk ini bisa kita perbesar sampai dengan 40 GB dengan langkah selanjutnya.
  3. Download gparted live ISO dan masuk dengan bootable LIVE ISO.
  4. Download gparted iso dari link berikut, http://gparted.org/download.php. Create new virtual machine pada VirtualBox, dan arahkan ke file *.vdi yang baru (yang telah diresize). Pada Setting >> Storage >> Optical Disk (empty), pilih (browse) ke file .iso gparted yang telah didownload (lihat gambar di bawah, bandingkan dengan gambar di atas). Boot ke gparted live, pilih default, pilih bahasa dan pilih start x (0). Masuk ke gparted, pilih disk dan resize sesuai ukuran yang anda inginkan Shutdown Gparted live Remove gparted ISO dari Virtual Box Setting >> Storage.
Sekarang ukuran disk pada Virtual Box .vdi sudah diperbesar. Kemungkinan ada beberapa setting yang perlu diperbaiki pada OS di disk tersebut (serial number Apps dll).

Gambar 2. Meng-attach file ISO gparted pada Virtual Box

Memperbesar disk tipe fix (.vmdk)
  1. Konversi dari .vmdk ke .vdi dengan perintah berikut,
  2. vboxmanage clonehd Vibrastic-disk2.vmdk Vibrastic-disk3.vdi --format VDI --variant Standard
    
  3. Ikuti langkah-langkah pada memperbesar disk tipe dinamik di atas sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...