Monday, September 09, 2019

Beberapa shortcut penting Byobu

Saya menggunakan "ssh" untuk mengakses desktop, dimana hampir semua proses komputasi saya lakukan di PC tersebut, bukan di laptop. Keuntungannya, selama saya bisa konek ke jaringan kampus (apato, perpus, dll) saya tetap bisa mengakses desktop, menjalankan simulasi, merubah variabel, dll. Jika berada diluar kampus, saya menggunakan TeamViewer. Untuk memudahkan menggunakan terminal dengan ssh, saya menggunakan perangkat "byobu", sebuah utilitas yang dibuat untuk menjembatani tmux atau screen, perangkat lain untuk memudahkan menggunakan terminal di Linux yang "membisakan" penggunaan terminal dalam beberapa sesi, beberapa jendela, dan menutupnya tanpa harus menghentikan proses yang sedang berjalan (ini penting ketika mengeksekusi perintah di terminal).

Berikut beberapa shortcut penting ketika menggunakan byobu via ssh:

  1. Ctrl A, D : keluar dari ssh tanpa menghentikan proses (=F6)
  2. F2: membuat jendela baru
  3. Alt + Panah Kanan/Kiri: berpindah jendela
  4. Ctrl + F6: keluar dari jendela, split
  5. Fn + F7: enable scroll
  6. Ctrl + C: keluar (dari enable scroll)
  7. Alt + F6: menghentikan ssh dari komputer lain kecuali yang dipakai
  8. F9: menampilkan help (gunakan tab untuk berpindah menu, =Shift+F1)
  9. ketik 'exit': keluar dari sesi

Beberapa shortcut lainnya seperti "Shift+F2" (membagi jendela secara horizontal), "Ctrl + F2" (membagi jendela secara vertikal), tidak saya masukkan karena saya jarang membagi jendela terminal menjadi beberapa bagian (kecuali terpaksa). Jika itu dilakukan, maka untuk berpindah fokus ke jendela samping atau atas/bawah gunakan "Shift+Panah". Selain shortcut di atas saya menggunakan perintah berikut:

byobu-enable: membisakan byobu disetiap koneksi ssh
byobu-disable-prompt: agar prompt lebih singkat (set di bashrc)

Berikut screenshot byobu saya ketika mengetik tulisan ini.


n.b: 
- Byobu tidak terinstall by default pada Ubuntu maupun OS lainnya, untuk menginstall byobu pada turunan debian, gunakan `sudo apt-get install byobu`.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...