Saturday, June 06, 2020

Outline: Logika bahasa ilmiah

Berikut adalah outline dari beberapa resume kuliah "Scientific Discussion" yang diajar oleh Prof. Preining pada 2019 di JAIST. Agar tidak menguap begitu saja, saya membuat outline (daftar isi/tulisan) yang pernah saya buat untuk merangkum isi kuliah tersebut. Dalam Bahasa Indonesia, "scientific discussion" lebih pas diterjemahkan sebagai "logika bahasa ilmiah" atau "logika diskusi ilmiah", karena isinya banyak berupa prinsip logika yang dipakai dalam diskusi ilmiah.

Materi kuliah tersebut sangat cocok untuk membangun alur berpikir dalam berbahasa ilmiah, baik tulisan maupun lisan (lebih dikhususkan pada tulisan, namun bisa diaplikasikan secara lisan/ucapan, less formal). Klik setiap baris item outline di bawah ini untuk membaca artikel dengan judul tersebut.

  1. Menjadi logis: Menyiapkan akal untuk logika
  2. Menjadi logis: Prinsip dasar logika
  3. Argumen: Bahasa logika [1]
  4. Argumen: Bahasa logika [2]
  5. Sumber pemikiran tidak logis
  6. Prinsip-prinsip pemikiran tidak logis
  7. Logika dan percakapan-nya Grice (implikatur) beserta kritiknya
  8. Panduan berpikir kritis
Tulisan-tulisan tersebut cukup menarik karena sejatinya bukan tulisan saya. Namun, ulasan dari buku-buku dan makalah yang benar-benar berbobot. Beruntung saya pernah mendapatkan kuliah tersebut. 

Jika ada tulisan baru saya dengan tema yang sama/mirip, akan saya tambahkan dalam outline di atas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...