Monday, August 13, 2007

Sujud dan Kecerdasan

Adakah hubungan antara sujud dengan kecerdasan? Ada. Masih nyambung dengan tulisan saya sebelumnya tentang Isro' Mi'roj, setelah melakukan isro' mi'roj nabi membawa oleh-oleh perintah sholat, dan di diantara gerakan sholat ada yang namanya sujud. Beruntung beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan melihat presentasi saudara "Harapan" dari Fak. Kedokteran Univ. Syah Kuala, Aceh. Beliau (saudara harapan) memaparkan secara detail pengaruh sujud terhadap kecerdasan dari segi kedokteran. Ketika sujud ternyata ada darah yang mengalir dari dopamin ke amigdala (semuanya merup. bag. otak), dan ini hanya terjadi pada saat sujud. Nah darah tersebut ternyata membawa banyak energi dan dapat memacu kecerdasan manusia.
Teman saya, woodin, ketika melakukan sujud syukur di puncak Semeru

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan (tausyiah275.blogsome.com, 2007).

Nah, yang pengin tambah cerdas, lama-lamain aja ketika sujud. Tapi syaratnya harus ikhlas dan khusyu' lho..., klo nggak ikhlas dan khusyu' bukannya tambah cerdas tapi malah pegal-pegal semua ketika bangun dari sujud.

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...