Friday, December 27, 2013

Lisensi Creative Commons dan Update Versi 4.0

Di dunia ada dua kutub yang saling berhadapan, satu pihak yang tujuan utamanya untuk mencari keuntungan melalui usaha komersial, serta pihak lain yang lebih mengutamakan kebersamaan dan hubungan sosial antar umat manusia. Pihak pertama, biasanya menggunakan hak cipta-nya (copyright) untuk tujuan komersial, sedan pihak lain biasanya menggunakan istilah copyleft sebagai kontra dari copyright itu sendiri.

Logo lisensi cretive commons

Sebuah grassroot movement locallibre dan community-based  Japanese learning program jgram menggunakan beberapa lisensi turunan copyleft yang disebut lisensi Creative Commons. Apa itu lisensi Creative Commons? Artikel ini akan membahas hal tersebut; definisi lisensi Creative Commons (CC), tiga lapisan lisensi CC, jenis-jenis lisensi CC dan bagaimana cara memilih lisensi CC yang cocok untuk karya anda.

Apa itu Lisensi Creative Commons..?

Creative Commons merupakan organisasi non profit (NPO-Non Profit Organization) yang didirikan oleh Lawrence Lessig untuk mengakomodasi lisensi beraliran copyleft sebagai bentuk perlawanan terhadap lisensi copyright. Sebenarnya lisensi Creative Commons juga merupakan hak cipta (copyright) namun dengan penyeimbangan “all right reserved” dengan kelonggaran untuk menyalin, mendistribusikan, mengedit, membangun ulang dalam batasan hukum hak cipta (copyright) itu sendiri. Dengan kata lain, lisensi CC memberi fleksibilitas dan kelonggaran namun tetap dalam koridor hukum copyright dibanding dengan kekakuan awal copyright yang tidak memberi ruang kreativitas pihak lain untuk masuk dan memanfaatkan karya ber-hakcipta tersebut.

Lisensi CC tidak mempengaruhi kebebasan yang diberikan oleh hukum kepada pengguna ciptaan kreatif yang dilindungi hak cipta. Apabila dibutuhkan izin penggunaan, maka Lisensi Creative Commons mensyaratkan pengguna ciptaan untuk mendapatkan izin untuk menggunakan tindakan yang menurut hukum membutuhkan izin dari pemberi lisensi dan tidak dinyatakan di dalam lisensi yang digunakan. Pengguna ciptaan harus memberikan kredit (pernyataan) kepada pembeli lisensi, menyatakan bahwa ciptaan tersebut dilindungi hak cipta, dan menautkan lisensi pada salinan ciptaan [1].

Tiga Lapisan Lisensi CC

Tiga lapis lisensi CC merupakan paduan yang unik dan kreatif. Ketiga lapisan unik dan kreatif tersebut adalah sebagai berikut,
Tiga lapisan lisensi CC (sumber:CreativeCommons)
  1. Lisensi Lengkap (Legal Code)
  2. Setiap lisensi dimulai dengan alat hukum tradisional, dalam bahasa dan format yang akrab dengan para ahli hukum, karena itu dinamakan lisensi lengkap.
  3. Lisensi Ringkas (Human Readable)
  4. Karena kebanyakan pencipta, pendidik, dan ilmuwan bukanlah pengacara, lisensi dibuat dalam bentuk yang lebih mudah - Lisensi Ringkas (bentuk ringkas dari lisensi). Lisensi Ringkas adalah panduan singkat untuk pemberi dan penerima lisensi, mengekspresikan beberapa istilah dan kondisi yang paling penting. Ini merupakan tampilan ramah pengguna dari Lisensi Lengkap di bawah, walau teks Lisensi Ringkas tidak memiliki kekuatan hukum, dan isinya tidak muncul pada Lisensi Lengkap.
  5. Terbaca Mesin (Machine Readable)
  6. Lapisan akhir dari desain lisensi mengakui bahwa perangkat lunak, dari mesin pencari sampai dengan perangkat produktivitas kantor sampai dengan penggubah musik, memainkan peran besar dalam penciptaan, penyalinan, penemuan, dan distribusi ciptaan. Dalam rangka memudahkan Web untuk mengetahui kapan ciptaan tersebut tersedia di bawah lisensi Creative Commons, maka perlu disediakan versi lisensi yang "terbaca mesin" - ringkasan dari kebebasan dan kewajiban penting yang ditulis dalam bentuk yang dapat dibaca sistem perangkat lunak, mesin pencari, dan jenis teknologi lainnya.

Jenis-jenis Lisensi CC

Berikut jenis-jenis lisensi mulai dari yang paling fleksibel hingga paling strict (keras).
  1. CC BY
  2. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas. Direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi.
  3. CC BY-SA (share alike)
  4. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi "copyleft" pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa.
  5. CC BY-ND (no derivative)
  6. Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada Anda.
  7. CC BY-NC (no commercial)
  8. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.
  9. CC BY-NC-SA
  10. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.
  11. CC BY-NC-ND
  12. Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.
Untuk memilih lisensi mana yang cocok untuk anda, silakan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Blog ini misalnya, saya lisensikan dengan CC BY versi 4.0, kecuali artikel yang saya copy-paste atau dari sumber lain, maka lisensinya mengacu pada sumber tersebut.

CC 4.0, It's here


Versi terbaru dari lisensi Creative Commons adalah versi 4.0. Berbeda dengan lisensi sebelumnya, yakni CC versi 3.0 dan sebelumnya, CC versi 4.0 ini berlaku secara global atau internasional. CC 4.0 ini juga mencakup data-data yang tidak tercakup oleh versi 3.0 seperti database penelitian dan lain-lain. Lisensi CC versi 4.0 ini juga secara otomatis mengembalikan hak-hak kita terhadap suatu karya cipta jika kita kehilangan hak kita tersebut karena suatu permasalahan dan permasalahan tersebut sudah diselesaikan dengan baik. Lebih jelas tentang versi 4.0 ini silakan dicek di What's new in version 4.


Sumber:
[1] https://creativecommons.org/licenses/?lang=id
[2] https://creativecommons.org/Version4
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...