Sunday, March 16, 2014

Tutorial QML Untuk Ubuntu Touch [4]: Menjalankan Aplikasi Pada Emulator

Ubuntu Emulator

So far, aplikasi Currency Converter yang telah kita buat untuk Ubuntu Touch dengan Qt Meta Languange (QML) sudah selesai. Selanjutnya selain dengan me-run keseluruhan kode atau dengan tools qmlscene, kita juga bisa mendemokan aplikasi tersebut pada emulator. Emulator pada dasarnya adalah sama dengan devais fisik smartphone, namun di-emulasikan (di-replikasi/duplikasi) secara virtual dengan komputer.

Pada Ubuntu 14.04, Ubuntu emulator sudah terinstall ketika kita menginstall Ubuntu SDK, untuk versi lainnya bisa menginstall secara manual, salah satunya seperti yang disebutkan di webupd8. Untuk mejalankan aplikasi yang telah kita buat langsung pada emulator, caranya adalah seperti berikut.


Ubuntu SDK: Emulator Log

Untuk mengaktifkan Ubuntu emulator silakan klik "device" di bagian kiri SDK, kemudian klik "create emulator" (rubah nama emulatornya bila perlu). Proses "create emulator ini akan memakan waktu yang lama. Bila proses create emulator ini berhasil, maka akan muncul nama emulator-nya kolom sebelah kanan dan silakan klik start emulator untuk mulai menjalankan emulator.

Ubuntu Emulator setelah berhasil dibuat


Kadang-kadang (benar, kadang muncul, kadang blank) emulator muncul dengan tampilan awal Ubuntu phone seperti gambar pertama di atas, tapi sering juga emulator tampil dengan layar hitam kosong. Tidak masalah, aplikasi yang telah dibuat tetap bisa dijalankan di emulator, bila tidak jalan, silakan ulangi langi proses start emulator (setelah sebelumnya di-close dulu).

Setelah Ubuntu emulator berjalan, selanjutnya saatnya menjalakan aplikasi yang telah dibuat pada Ubuntu emulator tersebut. Pada posting sebelumnya, currency converter dijalankan melalui qmlscene, tool prototyping yang disediakan oleh Qt Creator. Untuk mensimulasikan aplikasi tersebut pada emulator silakan klik Build >> Ubuntu >> Run Aplication on Device. Lihatlah apa yang terjadi! Aplikasi tersebut sekarang sudah berjalan di emulator layaknya smartphone sesungguhnya. Aplikasi tersebut juga terhubung dengan internet melalui laptop kita, jadi aplikasi tersebut beroperai secara real time dan sama persis hasilnya ketika dijalankan di smartphone.

Aplikasi currency converter berjalan di Ubuntu Emulator

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...