Thursday, January 08, 2015

I am Certified!

Ini adalah sertifikat ke-4 yang saya peroleh dari belajar online dengan metode MOOC (massive open online learning) setelah kursus bahasa inggris: Writing II: Rhetorical Composing, Internet History, Technology, and Security dan ColWri2.1x Principles of Written English. Sebagai seorang newbie atau beginner dalam menggunakan OS *Nix, kursus online LFS101x Introduction to Linux ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena materi tesnya lumayan gampang, susah karena ada banyak materi yang harus dipelajari.

Disini saya akan berbagi pengalaman saat mengikuti kursus ini hingga mendapatkan sertifikat seperti di bawah ini,

Screenshot dari Honor code yang saya terima
  1. Baca semua bab-nya (ada 18 Bab untuk LFS, baca dan pelajari semua)
  2. Kerjakan semua latihan
  3. Perhatikan deadline, kerjakan final exam sebelum deadline
  4. Copy-paste semua materi kedalam satu file, dan jadikan pdf.  Bila ada materi yang keluar dalam tes, tinggal search aja pada file pdf tsb.
  5. Klik kanan >> Search google for "..." , untuk soal/materi yang benar-benar tidak bisa, ini adalah trik khusus saya saat tidak faham, biasanya soal sejenis ada pada forum, dan dalam sekejap anda akan menemukan jawabannya.
Ini adalah tips dari saya, bagaimana dengan anda? apakah anda memiliki tips khusus? Let's share.... :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...