Saturday, April 04, 2015

Pengenalan Git: Clone, Push dan Pull

Setelah mengenal Git pada tulisan sebelumnya, saatnya kita mengenal fitur dasar alias fitur utama Git: push, pull dan clone. Sekedar mereview pada tulisan sebelumnya, setelah kita mengedit skrip kita, kemudian kita tambahkan, lalu kita beri commentar atas tambahan yang kita lakukan dan terakhir kita kirim (push) ke repository di Bitbucket atau Github.. Itu jika kita menggunakan satu komputer saja, lalu bagaimana bila kita menggunakan 2-3 komputer atau orang lain ingin mengcopy kode-kode kita dari bitbucket? Perhatikan tiga skenario pada tiga komputer di bawah ini.

Komputer 1: Edit >> add >> commit >> push
Komputer 2: Pull >> edit >> add >> commit >> push
Komputer 3: Clone

Skenario pertama (komputer 1) sudah kita lakukan pada tulisan sebelumnya. Sekarang kita berada di komputer 2, ingin mengambil kode-kode kita yang kita tulis+edit di komputer satu, kemudian kita edit/revisi lagi, dan kita kirim ke repo di Bitbukcet.

Hal pertama yang kita lakukan pada komputer 2 ini adalah mengambil kode (pull) dari repo di Bitbucket. Pertama kita inisiasi git,

mkdir coba
cd coba
git init
git remote add origin https://bagustris@bitbucket.org/bagustris/coba.git
git pull origin master

Perintah-perintah di atas akan membuat direktori baru bernama demo-git, kemudian pindah ke direktori tersebut, menginisiasi proses git, menambahkan repo dan mengambil kode-kode sumber pada repo.

Jika ada melakukan kesalahan saat mengetikkan url origin, git akan mengalami error saat mem-push atau mem-pull. Cek lagi url remote anda di Github. Kode di bawah ini bisa untuk mengecek url remote dan menghapusnya jika diperlukan perbaikan.


# menampilkan remote url
git remote -v
# menghapus origin
git remote remove origin
Selanjutnya kita dapat mengedit kode-kode sumber tersebut, misalnya sebagai berikut,

echo "tambahan keempat" >> coba.txt
git commit -m "modified coba.txt"
git push

Sampai disini kode yang baru kita edit sudah terkirim di Bitbucket, silakan di cek. Di komputer 1, kita bisa memperbarui kode-kode kita dengan perintan "git pull".  Simple bukan?

Clone
Pada komputer lain, misalnya teman kita atau pengunjung Bitbucket, ingin mengcopy file-file kita dari Bitbucket (hanya mengcopy saja, tanpai bisa mem-pull), maka kita menggunakan perintah "git clone" yang juga cukup simple.

git clone https://bitbucket.org/bagustris/coba.git 

File skrip kita akan dicopy pada komputer 3. Namun pada komputer 3 ini, user tidak bisa mem-pull kode-kode tersebut pada repo kita. Hanya bisa mengedit pada lokal komputer 3 saja.

BERSAMBUNG ke seri selanjutnya: Setting .gitconfig.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...