Monday, June 22, 2015

Belajar Pemrograman: Dari C ke C++

Belajar pemrograman menjadi hal-hal yang susah-susah sulit, terutama untuk para mahasiswa baru, yang baru meninggalkan SMA dan menginjak bangku perkuliahan. Saya pernah mengalaminya.

Alih-alih menggunakan bahasa pemrograman C++ yang sudah object-oriented (Saya menggunakan C++ saat awal kuliah), ada baiknya kita memulai dari bahasa C, bahasa pemrograman struktural/prosedural yang universal, mudah dipahami, setelah itu kita tingkatkan step-by-step ke bahasa C++. Meskipun ada yang mengatakan bahasa C dan C++ itu sangat berbeda secara konseptual, namun secara teknis hampir sama karena C++ diturunkan (dikembangkan) dari C++.

Slide-slide berikut merupakan bahan ajar kuliah pemrograman komputer yang saya buat untuk mahasiswa D3 Metrologi Instrumentasi sekaligus S1 Teknik Fisika. Pada awal perkuliah saya menggunakan bahasa C untuk memperkenalkan konsep pemrograman dan algoritma melalui flowchart. Setelah memahami bahasa prosedural, mahasiswa kami bawa ke konsep OOP (object oriented programming) yang diimplementasikan dengan C++. Harapannya, mahasiswa tidak hanya memahapi konsep OOP pada C++ saja, namun dapat diaplikasikan pada bahasa pemrograman lain, semisal Java.



Pada awal perkuliahan mahasiswa di-demo-kan untum membuat program yang mencetak pola-pola bintang seperti berikut :
----------
N = 5
*
**
***
****
*****
----------

Atau pola sebaliknya seperti ini,
---------- 
N=5
    *
   **
  ***
 ****
*****
----------

Kemudian dari program dasar tersebut, mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan pada program-program sederhana lainnya seperti program kalkulator, kasir, pola bintang yang kompleks seperti pola bintang huruf H, huruf X, diamond, ataupun membuat game sederhana.

Setelah memahami pemrograman prosedural dengan bahasa C, mahasiswa dibawa ke pemrograman berorientasi object dengan bahasa C++. Inilah esensi kuliah prokom yang ingin saya kembangkan.

Selebihnya, slide-slide yang lain bisa didownload pada link beriut. Any comment and suggestions are welcome.

 https://drive.google.com/file/d/0B2cAmw9oV5cuMDRPV3g4c1Y0aWM/view?usp=sharing





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...