Sunday, June 30, 2019

Mengecek grammar dan spellchek bahasa inggris file Latex lewat Terminal

Judul tulisan ini panjang, tapi isinya tidak sepanjang judulnya.

Sebagai seorang mahasiswa, saya dituntut untuk mempubikasikan makalah (karya tulis) saya pada sebuah seminar, atau konferensi bahasa kerennya. Publikasi tersebut merupakan syarat wajib. Agar bisa lulus setidaknya saya harus publikasi pada dua konferensi dan dua jurnal, itu harapan (dan mungkin juga syarat) dari profesor saya di sini. Karena level bahasa Inggris saya masih pada tahap belajar, dan terlalu mahal untuk melanggan Grammarly Pro, saya menggunakan tools gratis untuk mengecek grammar tulisan saya. Perkakas tersebut namanya textidote, bisa diunduh di sini.

Perkakas yang dibutuhkan (saya gunakan):
  • Textidote
  • Gedit (dengan embedded terminal)
Berikut tampilan screenshot gedit saya sebelum mengeksekusi textidote pada sebuah fail latex.

Gedit dengan embedded terminal, textidote siap mengeksekusi (check grammar dan spell check) file latex di atasnya.

Instalasi


Karena gedit sudah terinstall by default di Ubuntu, yang dibutuhkan hanyal menginstall textidote ini. Untuk menginstall textidote silahkan mengunjungi halaman berikut,
https://github.com/sylvainhalle/textidote
Ada dua jenis intalasi yang ditawarkan, dijelaskan pada halaman tersebut. Pertama adalah via file java .jar, yang kedua via file .deb. Karena saya menggunakan Ubuntu, saya menggunakan opsi kedua ini. Saya sarankan anda untuk menggunakan opsi kedua ini, kecuali jika anda menggunakan windows, silahkan pilih opsi pertama.

Langkah-langkah instalasi.
  1. Download file .deb dari halaman berikut,
  2. https://github.com/sylvainhalle/textidote/releases
  3. Jalankan perintah berikut dari direktori dimana file .deb di download.
  4. sudo dpkg -i namafile.deb 

Sederhana, kini textidote sudah terinstall dan dapat digunakan.

Penggunaan

Gunakan perintah berikut untuk mengecek grammar dan spellcheck dari suatu file latex.
textidote --check en namafile.tex 


Output

Ini adalah contoh output yang saya dapatkan. Kesalahan grammar dan spellcheck ditandai dengan garis bawah merah, beserta saran pembetulannya pada baris atasnya.

Oya, selain dengan textidote, spell check di Gedit sudah saya aktifkan sehingga bisa meminimalisasi salah ketik.

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...