Thursday, November 15, 2012

Ayo belajar bahasa Jepang [0]: Mengenal Katakana dan Hiragana

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang unik, meski serumpun dengan Korea dan China, namun bahasa Jepang memiliki ke-khas-an tersendiri. Langkah pertama belajar dari suatu bahasa (apapun bahasanya) adalah mengenal alfabet, karena bahasa terdiri atas kalimat, kalimat terdiri atas kata dan kata tersusun atas huruf atau alfabet.

Bahasa Jepang terdiri atas, Kana dan Kanji dan Romaji. Sedangkan kana terdiri atas hiragana dan katakana. Hiragana digunakan untuk menulis suku kata asli Jepang, sedangkan katakana digunakan untuk menulis kata serapan yang diadaptasi ke ke dalam bahasa Jepang.

Berikut tabel Hiragana dan Katakana. Perhatikan urutan cara menulisnya (かきかた, kakikata).

Tabel Katakana (source: Wikipedia)

Tabel Hiragana (source: Wikipedia)


Gambar diatas bisa dijadikan wallpaper desktop (background hitam) atau anda bisa mendownload pdf dari hiragana dan katakana. Sedangkan untuk mendengarkan file suara dari suku kata bahasa Jepang diatas silakan download disini.

Typically, hiragana dan katakana bisa dikuasai dalam waktu 1-2 bulan (min, max). Saya menggunakan "kana test" untuk men-drill kemampuan membaca hiragana dan katakana saya. Aplikasi sejenis seperti anki juga bisa digunakan, atau anda bisa membuat sendiri flash card dimana tertulis satu karakter hiragana di satu sisi, dan cara membacanya disisi baliknya. Di playstore, juga ada banyak aplikasi "hiragana katakana flash card" seperti ini.

Selanjutnya, pada seri selanjutnya (Ayo Belajar Bahasa Jepang [1]), kita akan mulai belajar bahasa Jepang dengan tokoh utama Kuon, seorang warga Vietnam laki-laki berusia yang bekerja di sebuah perusahaan perusahaan elektronik di Vietnam yang berkantor pusat di Jepang. Ini adalah pengalaman pertama Kuon ke Jepang. Meski ia pernah belajar bahasa Jepang di Vietnam, ia tetap khawatir dengan kemampuan bahasa Jepangnya. Tokoh-tokoh yang lain yakni Ibu Yamada, Bucho, Sato dan Takahashi di kantor pusat ABC Electric di Tokyo tengah bersiap menyambutnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...