Monday, October 26, 2015

National Acoustic Workshop 2015

Dalam rangka peringatan 50 tahun, Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri ITS mengadakan rangkaian workshop profesi Teknik Fisika, sharing alumni, gelar potensi, rally campus, malam keakraban dan peluncuran buku “Perjalanan 50 tahun Pendidikan Teknik Fisika di ITS” yang diselenggarakan pada 12-13 Oktober. Di usia ke 50 ini, Teknik Fisika telah berkembang memiliki lima bidang minat, yaitu Rekayasa Instrumentasi, Rekayasa Bahan, Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Rekayasa Fotonika dan Vibrasi dan Akustik. Pada tanggal 27-28 Oktober sebagai bagian rangkaian acara Dies 50 tahun Teknik Fisika ITS, Laboratorium Vibrasi dan Akustik (VibrastikLab) Teknik Fisika ITS menyelenggarakan “National Acoustic Workshop 2015”.

Pemenang poster session NAW 2015 bersama Kalab VibrasticLab (tengah)

Surabaya sebagai kota pahlawan dengan skala megapolitan memiliki potensi yang besar untuk menjadi smart dan green city. Disiplin ilmu teknik, khususnya yang berkaitan dengan rekayasa akustik dan fisika bangunan telah menjadi bagian perencanaan dan pembangunan kota untuk meningkatkan kualitas hidup warganya. Sebagai kota besar yang meraih pengakuan berupa ratusan penghargaan terkait kebersihan, keindahan dan aspek lain, kontribusi akustik dengan memanfaatkan taman kota dapat dijadikan obyek berupa soundscape (komponen akustik lingkungan yang dapat persepsi nyaman serta indah di telinga oleh manusia) kota Surabaya untuk menghindari gangguan kesehatan akibat bising karena meningkatnya aktifitas kota Surabaya. Disisi lain, bangunan cagar budaya, tempat ibadah maupun bangunan heritage lainnya di kota Surabaya layak dipelajari dan dikembangkan dari disiplin ilmu akustik dan fisika bangunan untuk meningkatkan daya saing kota Surabaya.

Tema kegiatan ini adalah “Synergi among acoustician” yang bertujuan untuk menyinergikan para ahli ilmu akustik dan fisika bangunan di Indonesia untuk meningkatkan komunikasi dan memperkuat jejaring guna mempromosikan ilmu akustik dan fisika bangunan di Indonesia.

Kegiatan National Acoustic Workshop 2015 ini berupa Public Lectures (kuliah tamu), Posters Presentation dan Laboratory tour di Lab. Hidrodinamika – BPPT untuk mengenalkan Akustik Bawah Air. Kuliah tamu dan poster presentation dilaksanakan di hari pertama (Selasa, 27 Oktober 2015) sedangkan Laboratory tour dilaksanakan di hari kedua. Dari ketiga kegiatan tersebut diharapkan tema “sinergy among acoustician” dapat terwujud.

Kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika ITS, dosen undangan dari ITB, UGM, UNS dan UK Petra sebagai pembicara tamu, dengan peserta dari ITB(4 mahasiswa), UGM (12 mahasiswa), UNS (12 mahasiswa), UK Satya Wacana Salatiga (2 mahasiswa), Universitas Brawijaya (2 mahasiswa), PENS (1 mahasiswa), Salford University UK (1 mahasiswa) dan dari ITS (36 mahasiswa). Poster yang dihimpun dari peserta sebanyak 21 poster (35 mahasiswa), sedangkan sisanya adalah peserta pendengar sebagai partisipan.

Sebagai kegiatan akademik yang terinspirasi oleh kegiatan serupa di negara lain yakni Nihon Onkyo Gakkai (Student Meeting, Acoustic Society of Japan) yang dilaksanakan setiap musim di Jepang maupun yang diselenggarakan oleh ASA (Acoustic Society of America), diharapkan kegiatan ini mampu menjadi embrio kegiatan serupa di Indonesia. Harapannya, akselerasi ilmu pengetahuan akan berjalan lebih cepat dan dapat diadopsi oleh masyarakat maupun industri secara lebih cepat pula.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...