Saturday, March 18, 2017

Hutan Pinus Imogiri

Suatu ketika saya di Jogja dan saya hanya punya waktu kurang lebih tiga jam untuk jalan-jalan. Kemana saya akan pergi...? Malioboro? Keraton Yogya..? Benteng Vredeburg...? Ah, semua tempat itu sudah saya kunjungi. Saya ingin sesuatu yang baru, tempat yang lagi trend dan booming. Kali ini, Hutan Pinus Imogiri menjadi pilihan saya. Wisata alam yang terletak di dekat makam raja-raja jogja tersebut menawarkan panorama jogja dari atas bukit Imogiri yang murah dan mempesona. Berikut kisahnya.


Rute Perjalanan
Untuk lebih mudahnya, saya akan memulai perjalanan dari pertigaan flyover Janti. Jika anda naik kendaraan umum dari arah Solo, akan akan melewati Bandara Adi Sucipto, dan setelah itu masuk Jogja maka akan dihadapkan pada pertigaan Janti. Jika anda menggunakan kendaraan umum (Bis/kereta), akan lebih mudah menggunakan Gojek atau Uber karena saat ini belum ada angkutan umum menuju Imogiri. Dari Janti, rute menuju hutan Pinus Imogiri dapat dilihat pada peta berikut.

 


Sekitar satu jam perjalanan (kurang lebih setengah jam dari flyover Janti jika anda menggunakan sepeda motor), kita akan sampai di gerbang hutan pinus imogiri. Menuju hutan pinus imogiri ada papan arah yang menunjukkan letak hutan pinus imogiri beserta camping ground dan tempat wisata lainnya. Dari jalan hutan pinus Nganjir, berbeloklah ke kiri ketika melihat papan penunjuk tsb. Dari situ, kurang lebih 200 m kita akan sampai di tempat parkir sekaligus pintu masuk hutan pinus Imogiri. Tiket masuknya 2000 rupiah per orang, parkir sepeda motor juga sama.



Setelah melalui pintu masuk, kita akan melalui jalan setapak, di sebelah kanannya ada camping ground yang dapat dijadikan tempat berkemah atau memasang hammock, tempat tidur diantara dua dua pohon. Berikut video saya ketika melalui jalan setapak di hutan pinus tersebut.


Gardu pandang
Ada dua gardu pandang yang dapat dijadikan spot untuk mengambil foto di hutan pinus Imogiri. Gardu pandang pertama akan anda temui setelah melalui

View dari gardu pandang pertama

Turun dari gardu pandang pertama saya menuju gardu pandang kedua. Disini saya tidak naik, cukup menikmati pemandangan dari bawah. Dari situ saya bisa melihat cakrawala jogja, indah. Di dekat gardu pandang dua ada banyak bunga  dan tempat duduk cocok untuk menikmati sunset.

Gardu pandang kedua

Total saya menghabiskan 3 jam, 1.5 untuk perjalanan, 1.5 jam untuk bermain-main di hutan pinus. Let's travel.

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...