Sunday, January 17, 2021

Hiking: Pentingnya Berhenti Ketika Menengok ke Belakang

Tiga minggu yang lalu saya mengalamani cedera terkilir (sprained ankle) ketika turun Gunung Midoyama. Penyebabnya satu: ketika saya menengok ke belakang (untuk melihat teman saya), saya melakukannya sambil berjalan turun (di belokan). Hasilnya, saya terkilir. Butuh waktu 3-4 minggu untuk pulih total, meski, sejenak setelah saya terkilir saya masih bisa berjalan normal seperti biasanya. Tidak ada gangguan berarti kecuali ketidaknyamanan, khususnya ketika duduk di waktu sholat.

Pelajaran pentingnya: berhentilah ketika menengok ke belakang di waktu hiking. Kemungkinan terkilirnya mungkin kecil, 1/100. Tapi, menghindari cedera akan lebih menguntungkan untuk perjalanan selanjutnya. Ketika trail panjang (>30 km), menghindari cedera sangat penting.


Inilah rute perjalanan saya saat terkilir tersebut.
御堂山 / bagusさんの御堂山(石川県)の活動データ | YAMAP / ヤマップ
Update 7 Februari 2021:
Setelah 5 minggu, cedera terkilir pada engkel saya baru "mulai" pulih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...