Monday, June 02, 2008

Fisika Teknik atau Teknik Fisika ??

Setiap kali ditanya orang: kuliah dimana di jurusan apa Mas ? saya pasti bingung menjawabnya. Kadang saya menjawabnya Fisika Teknik, kadang saya balik menjadi Teknik Fisika, Kadang Cuma saya sebut almamater saya, ITS, atau fakultas saya Fak. Teknologi Industri. Bukannya saya nggak pede dengan jurusan saya, namun saya bingung kalau disuruh menjelaskan apa itu fisika teknik atau teknik fisika. Yang benar yang mana ya..? Ortu saya pun nggak pernah benar kalau ditanya: Anaknya kuliah dimana Pak, Bu ? jawabannya pasti saya kuliah di fisika (fmipa), beda banget..

Bidang-bdiang kajian teknik fisika, searah jarum jam dari pojok kanan atas: laser fotonik, wind turbine renewable energy, material, robotics, kontrol, solar cell (Sumber: McMaster Univ.)

Dari sisi histori (penyebutan teknik fisika juga dikarenakan kesalahan histori), memang fisika teknik itu sempalannya dari fisika. Kala itu di fisika (fmipa) ada beberapa bidang minat dan salah satunya yang paling populer adalah fisika teknik. Karena suatu alasan maka fisika teknik di pisahkan dari fisika murni dan sejak itulah departemen teknik fisika berdiri (ITB, 1954).


Fisika teknik di indonesia diadopsi dari belanda (Natuurkunding Ingenieurs), namun anehnya sekarang katanya sudah tidak ada lagi bidang fisika teknik di Belanda. ’Engineering Physics’ malah berkembang pesat di Amerika dan kanada. Beberapa diantaranya memakai istilah ’Engineering Science’. Di Belanda, kini yang ada applied physics, yang berbeda dengan engineering physics.


Kembali ke indonesia, fisika teknik (sementara saya sebut fisika teknik, fistek) Cuma ada di beberapa perguruan tinggi (PT). Hanya 3 PTN dan 1 PTS yang membuka program studi fistek. Secara umum fistek di PT tersebut sama, terdiri atas pilar–pilar ilmu fisika dan teknik yakni: instrumentasi & kontrol, fisika bangunan, akustik dan proses material. Cuma, biasanya ada satu bidang yang lebih menonjol seperti Teknik Nuklir di fisteknya UGM, Instrumentasi Kontrol di fisteknya ITB atau Photonics di fisteknya ITS.


Kalau disuruh menjelaskan, apa sih fistek itu? Jawabannya ya bisa bermacam-macam. Orang ITB menyebut fistek sbg All Around Engineer, Sedang kami di ITS menyebut fistek sebagai jembatan sains dan teknologi. Fistek laksana lautan yang dalam dan luas, kalau diibaratkan makanan fistek itu spt gado-gado yang terdiri dari berbagai macam lauk..


Kalau ditanya alumni, jangan nanya. Menristek skrg orang fistek, rektor ITB beberapa waktu yg lalu jg orang fistek, ketua dewan ristek nasional jg orang fistek, peraih gelar engineer termuda peraih ’the green belt in six sigma’ jg orang fistek, bahkan gubernur gorontalo pun juga orang fistek. Jadi buat yang mau SPMB atau UMPTN or what everlah namanya skrg, jangan ragu-ragu utk masuk fistek... apalagi fistek ITS !!(meski orang2 hebat yg saya sebutin tadi semua dari fistek ITB, hehe...).


Kembali lagi ke judul, yang benar FISIKA TEKNIK atau TEKNIK FISIKA?? Pada kurikulum 1995 untuk Perguruan Tinggi, SK Menteri memberi nama program studi FISIKA TEKNIK. Tapi ANEHnya (dan lucu juga) tahun 1996 DIKTI berdasarkan SK Menteri memberi nama program studi TEKNIK FISIKA. Mana yang benar ? kemungkinan DIKTI ’salah ketik’ ketika mengetikkan SK, begitu menurut salah satu sumber yang dapat dipercaya. Ya udah, karena udah ’salah ketik’ kita ikuti aja. Apalah arti sebuah nama ? begitu shakespeare pernah berujar. Entah itu FISIKA TEKNIK, TEKNIK FISIKA, Engineering Physics, Applied Physics, Physical Engineering, Engineering Science atau bahkan TEKNIK FISIKA TEKNIK, yang penting kita tetep semangat belajar !! Mau tak mau, karena SALAH KETIK, kita akhirnya pake nama TEKNIK FISIKA !!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...