Monday, June 09, 2008

Kelebihan umat Muhammad

Berdasarkan suatu hadist ada tiga kelebhan yang dimiliki umat Rasulullah dibanding umat-umat yang lain. Tiga kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:
1.Shofnya lurus seperti malaikat.
Shof malaikat sangat lurus dan rapi seperti anak panah yang akan lepas dari busurnya. Rasul menyeru kita untuk merapikan shof, merapatkannya dan melarang untuk berselisih. Perselisihan terjadi karena kita seenaknya sendiri dalam mengatur shof. Batas rapatnya shof diriwayatkan seperti anak domba sampai tidak bisa melewatinya. Shof yang rapatpun menyebabkan setan tidak bisa lewat, oleh karenanya tidak akan terjadi perselisihan.
2.Dijadikan semua tempat dibumi sebagai tempat ibadah.
Tidak seperti umat-umat terdahulu yang ketika beribadah harus di tempat ibadahnya (di ka’bah dll), semua tempat dimuka bumi ini merupakan masjid tempat ibadah bagi umat muhammad. Namun, ada dua tempat yang perlu dihindari untuk dijadikan tempat ibadat yakni kamar mandi (termasuk WC) dan tempat menyembelih hewan.
3.Dan, tanahnya bisa dijadikan untuk bersuci.
Tak ada air tanah pun jadi. Bahkan bila tak ada tanah (seperti ketika di kendaraan) debu di dinding pun bisa dijadikan sarana untuk mengambil tayammum.
Sudah sepantasnya kita berbangga dengan kelebihan kita. Jika bisa dan mau, manusia bisa jauh lebih mulia dari malaikat. Namun ungat sebaliknya, manusia juga bisa jauh lebih hina daripada binatang..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...