Thursday, June 05, 2008

The Power of Mind

Kelebihan manusia dari makhluk yang lain sampai bisa-bisa nya manusia dikatakan bahwa ia adalah makhluk paling sempurna seantero bumi ini adalah karena manusia memiliki akal. Karena dari akal itulah manusia memiliki kemampuan untuk berpikir. Dan berpikir adalah kemampuan atau bisa juga dikatakan kekuatan terbesar yang dimiliki oleh seorang manusia. Karena dengan berpikir manusia bisa menciptakan suatu peradaban yang sangat besar, contohnya nich peradaban Islam dimana berbagai pengetahuan maju dengan pesat dan orang – orangnya mempunyai budi pekerti yang bener-bener luhurnya luar biasa. Tetapi pemikiran yang salah juga bisa lho bikin manusia yang harusnya beradab jadi ‘biadab’ seperti penganiayaan yang dialami kaum Muslimin yang terjadi di Irak, Palestina, penjara Guantanamo dan beberapa Negara di Timur Tengah. Dari sedikit ulasan diatas kita tahu bahwa kekuatan terbesar manusia itu ada dalam otaknya yaitu dalam alam pikirannya.

Didalam kehidupan ini berbagai masalah selalu saja hadir silih berganti, dan manusia selalu berpikir untuk menyelesaikan dengan cepat dan tepat. Bagaimana caranya yaitu dengan cara berpikir yang efektif dan idealis. Apaan, tucH??


Berpikir efektif yaitu suatu metode berpikir yang cepat dan tepat dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada, tetapi bukan gaya berpikir yang reaksioner, lho. Sedangkan berpikir yang idealis yaitu berpikir yang sesuai dengan kaidah tertentu, yang sesuai dengan fitrah kita sebagai manusia, yang menentramkan hati kita, dan memuaskan akal kita, berpikir sesuai dengan aturan yang dibikin oleh Allah, yaitu Islam. Kenapa kita harus berpikir sesuai dengan aturanNYA ? karena Dialah yang menciptakan kita, secara otomatis maka Dialah Dzat Yang Maha Tahu atas apa yang ada pada diri kita luar dalemnya. Dan gaya berpikir ini harus kita lakukan dalam semua aspek kehidupan kita baik itu cara begaul, cara pake’ baju, cara bermasyarakat, cara menghukumi segala sesuatu yang terjadi dengan hukum-Nya. Sehingga tidak terjadi ketimpangan. Kalo’ cara beribadah kita pake’ aturannya Yang Ngasih kita nyawa tapi dalam kehidupan sehari – hari kita pake’ aturannya kita sendiri itu konyol namanya, soalnya ga’ sinkron. Lagian DIA pasti lebih tahu apa yang terbaik buat diri kita apa yang nggak. Inget ga’ ada pepatah yang ngomong kalo’ apa yang terbaik menurut kita itu belum tentu yang terbaik buat kita, apa yang jelek buat kita itu belum tentu itu jelek buat kita. Karena kita bukanlah pembuat dari diri kita sendiri. Itulah berpikir efektif dan idealis.


Terus esensi berpikir sendiri itu adalah agar terjadi perubahan dalam kehidupan kita. So, agar terjadi perubahan yang positif dalam diri kita maka berpikirlah yang efektif dan idealis. N’ gimana nasib orang2 yang ga’ mau berpikir?? Ga’ mau berpikir maka tak aka nada perubahan dalam dirinya, tak ada perubahan maka artinya sama ja kayak orang mati. Hi….. seremmmmm!!!

NB: tulisan ini BUKAN TULISAN SAYA, saya cuma 'nyuri' dari flashdisk yang saya pinjam. Semoga empunya tulisan ini ikhlas dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...