Tuesday, September 20, 2011

Instalasi Matlab di Ubuntu Linux

Sebagai salah satu program yang paling banyak digunakan dalam dunia saintifik, khususnya di bidang Teknik atau Engineering, mau tidak mau Matlab harus terinstall dalam setiap PC atau laptop mahasiswa teknik, termasuk pada PC atau laptop yang ber-OS Ubuntu / Linux. Nah, biasanya ada permasalahan saat instalasi Matlab di Ubuntu. Permasalahan itu tak lain dan tak bukan pada file permission.

Saya asumsikan anda telah memiliki instalasi Matlab untuk Linux atau Mac (Silakan "beli" atau cari trialnya di Google). Jika file instalasi berasal dari DVD (.iso), maka copy dulu file itu ke dalam laptop dan ekstrak untuk mendapatkan file instalasinya, klik kanan file .iso tersebut, pilih open with >> Archieve Mounter. Kemudian berpindahlah pada directory dimana file .iso tersebut di mount (mudahnya klik kanan "open in terminal" di directory tersebut). Jika anda hanya mengekstrak file ISO tersebut kemudian berpindah ke direktori hasil ekstraksi untuk menginstall Matlab (sesuai langkah dibawah) kemungkinan akan ada error dan instalasi tidak akan berhasil.

Setelah itu, ketik perintah berikut
cd DIREKTORI_MATLAB_MU/update/bin/glnx86

sudo chmod 777 *

cd DIREKTORI_MATLAB_MU

sudo sh install
Misal, jika direktori master/installer matlab anda di home/user/matum2k9b
maka ubah direktorinya dengan perintah

cd /home/user/matum2k9b/bin/glnx86

sudo chmod 777 *

cd /home/user/matum2k9b

sudo sh install

Pastikan juga anda memiliki file lisensi (license file) pada direktori tersebut yang biasanya bernama license.dat

Kemudian proses instalasi matlab akan mulai, dan anda akan diminta untuk memilih folfer dimana matlab akan di install, toolbox apa saja yang akan diinstal dan aktivasi. Pilih aktivasi manual without internet access. Jika berhasil, maka Matlab akan terinstall pada Ubuntu anda, untuk menjalankannya ketik "sh matlab" (tanpa tanda petik) di terminal pada directory bin dimana matlab anda sudah terinstall. Misalnya, pada Ubuntu saya matlab terinstall di /home/bagus/matlab/ maka perintahnya:

bagus@bagus-emachines-D725:~/matlab/bin$ cd /home/bagus/matlab 

bagus@bagus-emachines-D725:~/matlab/bin$ sh matlab

Dan Matlab pun akan berjalan di Ubuntu Linux seperti tampak pada gambar berikut.

Matlab yang sudah terinstall di Ubuntu 11.04

Untuk Ubuntu/Debian, install paket matlab-suppor dengan cara berikut,
sudo apt-get install matlab-support

Bersambung disini

UPDATE:
Saya sangat menyarankan anda menggunakan GNU/Octave yang 90% kompatibel dengan Matlab. Octave free dan open source. Berikut perbandingannya dengan Matlab: Memakai Matlab atau GNU/Octave... 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...