Monday, December 31, 2012

Seki-juku: Kota Tua di Kameyama-shi, Jepang

Seki-juku merupakan sebuah area kota tua di Shinmachi, Nakamachi, Kozaki Kameyama City yang menawarkan nuansa perkampungan tradisional Jepang dimana anda bisa melihat, mengamati bahkan membeli barang-barang tradisional Jepang dari masa lampau.
Seki-juku, di pagi yang lenggang

Tempat ini terkenal sebagai kota penginapan ke 47 dari sekitar 50-an tempat layanan di jalan Tokaido, Kota Kameyama, Jepang. Ada lebih dari 200 rumah tradisional Jepang di sana (di Jepang, anda akan sangat sulit menemukan rumah tradisional di pemukiman umum), yang dibangun pada akhir zaman Edo dan Meiji. Tempat ini oleh pemerintah Jepang juga dijadikan salah satu distrik arsitektural nasional yang penting.

Beberapa tempat menarik bisa kita temui di Seki-juku. Selain toko-toko yang menjajakan souvenir dan makanan tradisional Jepang, ada dua kuil (bhs Jepang: Otera) yakni Kuil Seki Jizoin dan Seki Machinami Shiryokan. Di sana, dokumentasi historis Seki-juku tersimpan dengan baik dan anda diperbolehkan untuk melihatnya. Ada juga kendaraan kuno Jepang yang telah dimusiumkan, biasanya kendaraan itu digunakan dalam atraksi, pawai atau perayaan khas Jepang.

Salah satu ke-khas-an tempat ini adalah barrier-free, artinya, kita bisa langsung menyentuh secara fisik alat-alat tradisional Jepang yang ada di sana tanpa kaca, tanpa penghalang, dan tanpa berbayar. Hanya saja untuk Seki Jizoin dan Seki Machinami Shiryokan (Hall of Records) kita dikenakan biaya 300 yen untuk orang dewasa, dan 200 yen untuk pelajar (per Desember 2012).

Terakhir, fasilitas umum di Seki-juku juga disediakan dengan layak, termasuk spot-view-nya, tempat istirahat dan toilet. Ada juga toilet untuk pengunjung berkursi roda.

Jalanan Seki-juku tampak dari atas

Otera (kuil) di Seki-juku
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...