Saturday, September 28, 2013

Kajian Bulanan Mie-ken September 2013: Pentingnya Mengaji Al-Quran

Membaca Al-Quran atau biasa disebut mengaji merupakan hal penting yang harus dibiasakan oleh umat islam, begitulah petuah ustadz Chandra pada kajian bulanan Mie-ken awal september 2013 lalu di Suzuka-shi, Mie-ken. Kebetulan, acara kajian bulan ini bertepatan dengan jadwal sosialisasi pemilu dari KJRI OSaka di Jepang yang tempat sosialisasi-nya pun juga berdekatan dengan tempat kajian. Walhasil, sebelum acara kajian bulanan, muslim Indonesia di Mie menyempatkan acara sosialisasi KJRI Osaka untuk warga Indonesia yang tinggal di prefektur Mie.

Membaca Al-Quran, amalan ini cukup mudah dan sederhana, tapi bisa melipatkan pahala-pahala kita.  Rasul bersabda, Barang siapa membaca satu huruf saja dari ayat-ayat Allah, maka akan mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dikalikan menjadi 10 kebaikan. Al-Quran juga akan menjadi penolong kita di akhirat kelak.

Halaman mushaf Al-Quran
Wahai sahabat-sahabat Quran, bacalah dan naiklah (ke surga), begitu sabda Rasul lagi, dengan syarat membacanya tartil sebagaimana ketika membaca dunia. Beliau Rasulullah juga bersabda, Wahai umatku, kutinggalkan dua perkara jika engkau tidak ingin tersesat: Al-Quran dan Sunnah.

Jangan pernah menyalahkan Indonesia, kitalah yang sebenarnya bersalah. Rusaknya umat dan bangsa karena jauhnya umat Islam dari Al-Quran. Seorang ulama pernah berpesan: Mari kita awali hidup kita dengan Al-Quran, kita berjalan dengan Al-Quran dan kita bergerak dengan Al-Quran. InsyaAllah dengan Al-Quran, tidak akan ada lagi kelaparan, kebrutalan dan berbagai masalah sosial lainnya.

Mari kita selamatkan keluarga kita dari api neraka, mari kita mulai dengan membaca Al-Quran. Pastikan kita dan keluarga kita bisa membaca Al-Quran dengan tartil. Lebih baik lagi apabila kita bisa istiqomah membaca Al-Quran setiap harinya, misalnya 1 halaman perhari, 5 halaman perhari, 1 juz perhari, dst.

Seorang kyai selalu berpesan kepada santrinya: jaga sholat jamaah dan baca Quran (dalam bahasa jawa: Ojo lali jamaah'e karo Quran'e). Dan ketika santri tersebut kembali untuk silaturahmi, sang kyai kembali bertanya: bagaimana sholat jamaah dan baca Quran-nya...? Dua hal itu juga-lah yang kelak akan menolong kita di yaumil akhir.

Manfaat Al-Quran

Diantara manfaat membaca Al-Quran dengan tartil adalah sebagai berikut:
  1. Satu kebaikan dilipat-gandakan 10 kebaikan
  2. Menjadi manusia terbaik (Hadist: Dari `Utsman bin `Affan, dari Nabi bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya.” H.R. Bukhari.)
  3. Orang tua yang berhasil mendidik anaknya menjadi penghafal Quran akan dipakaikan baju megah dan tidak dihisab.
  4. Dikumpulkan bersama Malaikat (hadist; Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda : “Orang yang membaca Al Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.” Muttafaqun `Alaihi (Keuntungan dan kebaikan)).
  5. Sebagai syafaat dan penyelamat di hari akhir (hadist: Dari Abu Umamah Al Bahili t berkata, saya telah mendengar Rasulullah bersabda : “Bacalah Al Qur`an !, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya).” H.R. Muslim.)
  6. Mendapat kenikmatan tiada tara (hasit: Dari Ibnu `Umar, dari Nabi bersabda : “Tidak boleh seorang menginginkan apa yang dimiliki orang lain kecuali dalam dua hal; (Pertama) seorang yang diberi oleh Allah kepandaian tentang Al Qur`an maka dia mengimplementasikan (melaksanakan)nya sepanjang hari dan malam. Dan seorang yang diberi oleh Allah kekayaan harta maka dia infaqkan sepanjang hari dan malam.” Muttafaqun `Alaihi.)
  7. Allah menaikkan timbangan pahala kita kelak sesuai dengan kadar kita membaca Al-Quran
Tujuh hal diatas hanya beberapa diantara banyak manfaat membaca Al-Quran. Semoga kita bisa menjadi generasi Qurani. Mari kita dekatkan diri kita dengan Al-Quran, berawal dari Al-Quran, insyaAllah semua akan menjadi baik.

Wallau'alam bisshowab.

Foto bersama KMI Mie September 2013

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...