Friday, March 21, 2014

Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Teknologi

Kalau ditanya negara mana yang saat ini peradabannya paling maju di dunia, hampir semua orang mungkin akan menjawabnya dengan sama: Amerika Serikat. Ada dua alasan mengapa Amerika Serikat saat ini menjadi negara dengan peradaban tertinggi di dunia. Alasan pertama adalah karena universitas – universitas terbaik ada disana. Harvard dan MIT, universitas yang selalu menduduki ranking 1 dan 2 tiap tahun di berbagai pemeringkatan universitas ada di US. Tujuh dari 10 universitas terbaik di dunia ada di Amerika (tiga lainnya dari UK), maka bagaimana Amerika tidak sangat maju sekali ? Saya yakin, kalau Harvard dan MIT adanya di Indonesia, maka Indonesia akan menjadi negara paling maju peradabannya di dunia. Seorang bijak pernah berkata, “Jika berencana untuk 1 tahun, tanamlah padi, jika berencana untuk 10 tahun, tanamlah pohon dan jika berencana untuk 100 tahun, didiklah generasi muda”.

Kampus MIT (source: dprananto)

Kenapa Amerika merupakan negara paling maju saat ini? Karena perusahaan – perusahaan besar tekonologi informasi – komputasi ada disana: Microsoft, Apple dan Google. Dalam bidang komputer hanya ada tiga nama tersebut yang menguasai pasar dunia. Dari ketiga-nyalah teknologi-teknologi yang mengubah dunia bermunculan. Jika Microsoft, Apple dan Google lahir di Indonesia, tentulah Indonesia menjadi negara dengan peradaban paling maju di dunia.


Lapangan softball MIT dalam film 21

Faktor pendidikan dan penguasaan teknologi-lah yang menjadikan Jepang, Jerman dan kini Amerika menjadi negara paling maju di dunia. Mari kita bangun peradaban Indonesia melalui pendidikan dan teknologi. Indonesia mercusuar dunia!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...