Sunday, January 27, 2013

Ayo Belajar Bahasa Jepang [5]: Issho Ni Kaerimasenka?

Sebagai kelanjutan pelajaran 4 bahasa Jepang yang lalu di sini, pada pelajaran 5 ini membahas percakapan setelah Kuon selesai rapat di kantornya. Karena rapat di kantor telah selesai, Kuon hendak mengajak Ibu Yamada (山田さん) untuk pulang bersama. Bagimana ungkapan Kuon ketika mengajak Ibu Yamada?

Kuon dan Ibu Yamada (image credit: NHK)

Naskah Percakapan

クオン 山田さん、一緒に帰りませんか?Yamada, bagaimana kalau kita pulang sama-sama?
KUON YAMADA-SAN, ISSHO NI
 KAERIMASEN KA?
山田 ごめんなさい。
 まだ仕事が終わりません。
 クオンさんも手伝ってください。
Maaf, tapi pekerjaan saya belum selesai.
Kuon, bisa tolong bantu saya?
YAMADA GOMENNASAI.
 MADA SHIGOTO GA OWARIMASEN.  KUON-SAN MO TETSUDATTE KUDASAI.
クオン えーと、今日は残業できません。Mm... saya tidak bisa kerja lembur hari ini.
KUON  ÊTO, KYÔ WA ZANGYÔ DEKIMASEN.
山田 えっ…。Heh?
YAMADA E'...?

File suara percakapan di atas dapat diunduh di sini.

Kiat Untuk Maju (じょうたつのコツ) : Jam Kerja

Seperti halnya di Indonesia dan negara lain, jam kerja normal di Jepang adalah 8 jam dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Namun dewasa ini sistem "waktu fleksibel" mulai dipergunakan, yang mana para pekerja dapat mengatur sendiri jam kerjanya kapan dia mulai dan mengakhiri jam kerja. Dengan sistem fleksibel, para pekerja bisa menghindari kemacetan lalu lintas dalam jam kerja biasa, serta dia bisa menyesuaikan waktu kerja dengan gaya hidupnya. 

Di Jepang, meski jam kerja normal adalah 8 jam namun faktanya banyak orang yang merasa risih untuk pulang sesuai dengan 8 jam kerja. Selain pertimbangan gaji, umumnya jam kerja di Jepang sangat tinggi (tertinggi di seluruh dunia bila diukur pertahun berdasarkan laporan sebuah media). Orang Jepang sungkan atau malu pulang duluan bila melihat atasan dan rekan kerjanya masih bekerja lembur. Seperti yang telah dipaparkan pada pelajaran sebelumnya, sangat sopan untuk berkata お先に失礼します (O sakini sitsurei shimasu) atau お疲れさまでした(Otsukare sama deshita) bila kita pulang duluan.

Kosakata


Bersambung ke seri selanjutnya, yakni seri ke-6. Seri 'Ayo belajar bahasa jepang' ini secara keseluruhan dapat anda ikuti disini.

Sumber: NHK World Edisi Bahasa Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...