Sunday, June 09, 2013

Kajian Bulanan Mie-ken Juni 2013

Pada bulan Juni 2013 kali, Keluarga Muslim Indonesia Mie (KMI Mie), memilih Suzuka Flower Park (鈴鹿市フロワパーク) di Kasado sebagai tempat pengajian.

Selain materi pengajian, materi diskusi tentang pentingnya memiliki basecamp berupa masjid manjadi topik menarik pengajian kali ini. Selain itu, rencana rihlah (piknik/tamasya) pada natsu obon nanti (liburan musim panas) di Gunung Fuji menjadi agenda diskusi kali ini.

Pada surat Al-Hujurat ayat 13, Allah SWT berfirman sebagai berikut:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوباً وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Artinya:
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS. Al-Hujurat:13).
Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah menciptakan kita berbeda-beda (beda suku, bangsa) agar kita saling mengenal. Kenapa tidak dijadikan satu saja agar sama semua? agar (mungkin) lebih mudah bersatu? Tak lain Allah ingin menguji kita, saling mengenalkan kita dan agar dapat saling memberi manfaat.

Sesuai dengan semboyan negara kita, Bhineka tunggal ika, walaupun berbeda-beda tapi tetap satu. Dalam Islam yang tidak boleh beda hanya satu, akidah, selainnya boleh berbeda-beda. Rasulullah SAW sendiri mengharapkan agar hamba-hamba Allah ini saling bersatu. Termasuk di negeri kita, bila Islam dihadirkan dan umat Islam bersatu, saling tolong-menolong, memberi dan menerima, insyaAllah tidak akan ada kelaparan di negeri kita.

Di penutup ayat dijelaskan, siapakah yang paling mulia di sisi Allah SWT? Tak lain dan tak bukan, manusia paling mulia di sisi Allah adalah manusia yang paling bertaqwa diantara kita. Tak inginkah kita menjadi manusia paling mulia di sisi Allah? saya pribadi menginginkannya, bahkan ingin sekali.

KMI Mie, Juni 2013 @ Suzuka Flower Park

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...