Thursday, January 02, 2014

Belajar Sejarah, Keamanan dan Teknologi Internet Via Coursera: IHST

Internet merupakan media terbaik untuk belajar, namun belajar sejarah, keamanan dan teknologi internet sendiri juga merupakan bidang yang menarik. Coursera sebagai salah satu platform mooc terbesar saat ini telah menawarkan kelas IHST (Internet History, Security and Technology) dalam websitenya. Kuliah tersebut merupakan adopsi mata kuliah yang diampu oleh Dr. Chuck di University of Michigan.

Statement of Accomplishment

IHST membahas sejarah internet dan komputasi pada umumnya sejak perang dunia, dimana security menjadi masalah besar dan berdampak pada hasil perang antara sekutu dengan Nazy Jerman. Keberhasilan sekutu dalam memecahkan sandi Jerman merupakan titik balik kemenangan mereka. Pengembangan internet dan www yang diinisasi oleh CERN, awal-awal teknologi komputer seperti NexStep yang dikembangkan oleh Steve Jobs di Apple, perkembangan Microsoft dan Windows OS, technopreneurship di internet seperti Amazon-nya Jeff Bezos, evolusi browser dari Netscape menjadi Mozilla Firefox, maupun teknologi keamanan internet yang menggunakan private key dan public key menjadi silabus mata kuliah online IHST ini. Silabus lengkap IHST bisa dilihat pada halaman mata kuliah tersebut di Coursera.

Sebenarnya, saya meluangkan sedikit waktu untuk kuliah online tersebut. Per-minggu, saya hanya menggunakan waktu sekitar 1-2 jam saja dari workload 3-5 jam yang disarankan oleh intstrukturnya. Bagaimana saya bisa menggunakan waktu lebih sedikit, tentunya ada sedikit trik. Silakan lihat video saya di bawah ini saat mengerjakan salah satu quiz dalam kelas IHST. Ingin menambah kemampuan dan pengetahuan tentang sejarah, keamanan dan teknologi internet? Silakan mendaftar untuk kelas IHST periode selanjutnya.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...