Saturday, January 25, 2014

Kinkakuji: Kuil Emas Peninggalan Shogun

Setelah mengunjungi Taman Nara, Todaiji dan Rusa di kota Nara untuk kedua kalinya, saya dan jamaah liburan winter dan tahun baru 2014 melanjutkan perjalanan ke kota favorit saya, tempat yang juga pernah saya kunjungi yakni Kinkakuji di Kyoto-shi, Kyoto-fu. Sebuah kuil yang eksterior luarnya dilapisi lembaran emas.

Kinkaku-ji: Vila Emas berlatar pegunungan khas Jepang

Kinkaku-ji atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Golden Pavillion, merupakan salah satu ikon Jepang dan juga kota Kyoto, kota budaya dan kultural, serta ibukota ke-2 Jepang sebelum berpindah ke Tokyo. Sesuai dengan namanya, obyek utama kinkaku-ji adalah berupa kuil emas, yang berada di tengah kolam dan dikelilingi taman yang rupawan. Tempat ini merupakan kediaman shogun Ashikaga Yoshimitsu pada jaman dahulu. Shogun merupakan jabatan semacam gubernur jenderal yang memerintah dan menguasai suatu provinsi di Jepang dalam struktur militer saat itu. Sebelum dijadikan area wisata dan menjadi Unesco World Heritage, situs Kinkaku-ji ini pernah menjadi vila pribadi seorang bangsawan nasional Jepang.

Saat pertama kali ke kinkaku-ji, saya sudah terkesima dengan tempat ini. Alhamdulillah, rezeki kembali menghampiri saya pada liburan musim dingin dan tahun baru 2014 ini saat seorang teman mengajak saya Nara dan Kyoto, setelah dua hari sebelum-nya saya juga berlibur dengan para junior saya ke Nagoya castle. Todaiji, Taman Nara dan Rusa menjadi tujuan pertama kami sabtu pagi itu, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kinkaku-ji di Kyoto.

Memasuki area wisata di Jepang dibutuhkan kejujuran. Bisa saja anda masuk tanpa karcis yakni lewat pintu belakang, Namun hal itu mempertaruhkan reputasi anda, negara anda serta paling penting agama anda. Sebagai muslim sebaik, sudah seharusnya kita menaati peraturan yang ada, jika untuk masuk tempat wisata diwajibkan membayar tiket masuk, maka hal itu harus kita lakukan. Tiket masuk Kinkaku-ji pun tergolong murah, hanya 400 yen. Sebagai perbandingan, tiket masuk Nagoya Castle dua hari sebelumnya adalah 500 yen. Jadi masih relatif murah untuk ukuran obyek wisata di Kyoto, salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Selain kuil ada taman, kolam dan juga pemandangan yang cukup menarik untuk dinikmati di area Kinkaku-ji . Sebagaimana halnya kuil-kuil  lain di Jepang, di tempat ini juga ada otera (tempat ibadah orang budha), tempat membeli souvenir khas Kinkaku-ji) dan spot-spot menarik untuk mengambil gambar, karena memang hal itulah yang paling utama ditawarkan Kinkaku-ji. Untuk akses ke Kinkaku-ji, jika tidak memakai mobil, anda bisa menjangkau Kinkaku-ji dengan transportasi publik di Jepang, yakni dengan bus dari Stasiun Kyoto Station, bus nomor 101 atau 205 dalam waktu 40 menit dan tarifnya 220 yen. Lebih cepat lagi kalau memakai kereta bawah tanah Karasuma Subway Line ke Kitaoji Station (15 menit, 250 yen) kemudian oper bus (10 menit, 220 yen, bus nomor 101, 102, 204 or 205) ke Kinkakuji.

Taman di sekeliling Kinkaku-ji

Rumah khas Jepang di area Kinkaku-ji

Jernihnya air kolam Kinkaku-ji

No comments:

Post a Comment

Your comments here/Silahkan komentar disini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...